Kompas TV nasional hukum

Tersangka Penipuan Tiket Coldplay Ghisca Debora Terancam DO dari Universitas Trisakti

Kompas.tv - 22 November 2023, 17:39 WIB
tersangka-penipuan-tiket-coldplay-ghisca-debora-terancam-do-dari-universitas-trisakti
Tersangka kasus penipuan tiket konser Coldplay, Ghisca Debora Aritonang (19) menggunakan baju tahanan oranye di Mapolres Metro Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023). Ghisca Debora Aritonang, penipu tiket konser Coldplay terancam Drop Out (DO) dari Universitas Trisakti. (Sumber: Kompas.com/Xena Olivia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ghisca Debora Aritonang, penipu tiket konser Coldplay, terancam Drop Out (DO) dari Universitas Trisakti.

Kepala Humas Universitas Trisakti Dewi Priandini menyebutkan pihaknya tengah memproses surat panggilan kepada orang tua Ghisca.

Menurut penjelasannya, pembahasan surat panggilan tersebut sudah dilakukan sejak penetapan Ghisca menjadi tersangka penipuan. 

"Termasuk si Ghisca ini kita awal-awal memang diduga dua hari lalu, sudah dijadikan tersangka," kata Dewi dalam keterangannya, Rabu (22/11/2023).

Ia menyebut, pemrosesan surat panggilan tersebut dilakukan di tingkat fakultas oleh Komite Disiplin (Komdis).

"Jadi di kedinasan tiap fakultas itu kita ada Komdis (Komite Disiplin) atau Komite Etik. Itu yang menangani mahasiswa atau dosen yang diduga melanggar, misal narkoba, bawa senjata tajam dan lain-lain," jelasnya.

Dewi mengatakan, ada aturan yang berlaku untuk menjatuhkan sanksi bagi mahasiswa yang bermasalah.

Dalam aturan itu, prosedur untuk memberhentikan mahasiswa bermasalah dari kampus yakni dilakukan dengan memberikan surat panggilan terlebih dahulu kepada yang bersangkutan sebanyak tiga kali.

Sementara dalam kasus Ghisca, surat panggilan ditujukan ke orang tuanya, mengingat yang bersangkutan tengah ditahan pihak kepolisian.

"Ada surat panggilan pertama itu tiga kali. Ya bisa ke keluarga juga," kata Dewi.

"Kalau ke Ghisca juga enggak mungkin, karena sudah ditahan. Jadi orang tuanya. Jadi Trisakti mengikuti prosedur, aturan yang udah dibuatkan untuk panggilan pertama ke orang tuanya," jelasnya, dikutip dari Antara.

Ia pun mengatakan, apabila orang tua Ghisca tidak memenuhi panggilan sebanyak tiga kali, maka Ghisca secara otomatis akan dikenakan sanksi DO.


Baca Juga: Fakta-Fakta Penipuan Tiket Coldplay, Ghisca Dikenal Pandai Berbohong, Kini Raup Rp5,1 M Hasil Menipu



Sumber : Kompas TV/Antara.


BERITA LAINNYA



Close Ads x