Kompas TV nasional hukum

Rekonstruksi Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Hadirkan Seluruh Tersangka, Bakal Peragakan 95 Adegan

Kompas.tv - 22 November 2023, 00:31 WIB
rekonstruksi-pembunuhan-ibu-dan-anak-di-subang-hadirkan-seluruh-tersangka-bakal-peragakan-95-adegan
Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat melaksanakan prarekonstruksi kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan anaknya, Amalia Mustika Ratu, di Kabupaten Subang, Selasa (31/10/2023). (Sumber: KOMPAS/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

BANDUNG, KOMPAS.TV - Polda Jawa Barat bakal menghadirkan seluruh tersangka kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan anaknya Amalia Mustika Ratu di Subang, Jawa Barat, dalam rekonstruksi yang akan digelar pada Rabu (22/11/2023).

Direktur Kriminal Umum atau Dirkrimum Polda Jabar Kombes Pol Surawan mengatakan, selain tersangka Yosef dan M Ramdanu alias Danu, penyidik juga akan menghadirkan Mimin dan kedua anaknya Reksa Pratama (AR) serta Abi (A) yang saat ini belum ditahan.

"Saat rekonstruksi tentu kita akan menghadirkan tersangka lain, yang pasti Yosep dan Danu akan hadir. Untuk Mimin dan kedua anaknya kita lakukan pemanggilan, ketiganya kita upayakan untuk hadir," kata Surawan di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga: Besok Rabu, Rekonstruksi Pembunuhan Ibu Anak di Subang Digelar, Tersangka Danu Dihadirkan

Dalam rekonstruksi tersebut, Surawan mengatakan akan ada 95 adegan yang diperagakan oleh para tersangka untuk memberikan gambaran motif dari kasus pembunuhan tersebut.

"Jadi, besok akan tergambar semua, kita akan rekontruksi dari mulai TKP awal di warnet tempat kerja Danu ke luar pulang kerja, kemudian bertemu Yosef di pecel lele,” ujar Surawan.

“Mungkin di antaranya ada soal uang karena kan dalam rekonstruksi akan muncul percakapan Danu dan Yosep di pecel lele,” katanya.

Termasuk juga, kata dia, akan dirangkaikan dengan informasi percekcokan tersangka Mimin dengan korban Tuti terkait dengan yayasan, dengan kemungkinan motif sakit hati.

"Kita merangkai semua dari yayasan berdiri, pergantian pengurus, pergantian perangkat sekolah dari kepala sekolah dan bendahara. Motif sakit hati, sebagian dari itu besok lah kita rekonstruksi," ucap Surawan.

Baca Juga: Kabar Baru Kasus Pembunuhan Subang, 3 Polisi Disebut Bersihkan Barang Bukti

Sebelumnya, jasad ibu dan anak itu ditemukan di bagasi mobil Alphard di Dusun Ciseuti, Desa Jalan Cagak, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Identitas keduanya diketahui bernama Tuti (55) dan anaknya Amelia Mustika Ratu (23).

Setelah dua tahun lamanya, polisi akhirnya menetapkan lima orang sebagai tersangka pembunuhan ibu dan anak itu.

Mereka antara lain M. Ramdanu (keponakan Tuti), Yosep Hidayah (suami Tuti), Mimin (istri kedua Yosep), Arighi Reksa Pratama (anak dari Mimin), dan Abi (anak dari Mimin).

Baca Juga: Keluarga Sudah Curiga Yosep Pelaku Pembunuhan Tuti dan Amalia: Kenapa Danu Enggak Ngomong dari Dulu



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x