Kompas TV nasional politik

Kemendikbud Ristek: Gibran Lulus S1 dari Singapura, Gelarnya BSc Bidang Studi Marketing

Kompas.tv - 21 November 2023, 10:47 WIB
kemendikbud-ristek-gibran-lulus-s1-dari-singapura-gelarnya-bsc-bidang-studi-marketing
Wali Kota Solo sekaligus Cawapres Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka menunjukkan ijazah sarjana dari University of Bradford, Singapura setelah kelulusannya diragukan, Senin (21/11/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberi penjelasan terkait status ijazah Cawapres Gibran Rakabuming Raka yang dipertanyakan oleh publik. 

Belakangan, ijazah sarjana dari luar negeri diragukan lantaran dinilai hanya menyelesaikan pendidikan setingkat diploma satu. 

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Dikti Kemendikbudristek Prof Nizam menjelaskan, Gibran sudah melakukan penyetaraan ijazah luar negeri di Kemendikbudristek.

Nizam juga menjelaskan, Gibran memiliki ijazah yang asli dari University of Bradford, Singapura. Dalam ijazah luar negeri itu, Gibran lulus dengan gelar Bachelor of Science (BSc), bidang studi marketing pada 13 November 2010.

Nizam menambahkan, Gibran melakukan penyetaraan ijazah di dalam negeri 9 tahun setelah lulus. Penyetaraan ijazah luar negeri dilakukan di Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Baca Juga: Gibran Tegas Membantah Isu Ibu Iriana Cawe-Cawe Pencalonannya di Pilpres

Tim verifikator akan memeriksa data dan atau dokumen yang dilampirkan Pengusul. Setelah disetujui oleh Tim Penilai, maka akan dikelurkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Untuk kasus Gibran, telah dikeluarkan SK tentang hasil penilaian kesetaraan ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri. 

SK tersebut ditandatangani oleh Paristiyanti Nurwardani pada 8 Agustus 2019 dengan nomor SK 2296/Belmawa/Kep/IJLN/2019. 

Dalam SK tersebut, ijazah atas nama Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford telah disetarakan dengan Sarjana. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x