Kompas TV nasional humaniora

Apakah Ada Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024? Ini Kata BKN

Kompas.tv - 20 November 2023, 13:18 WIB
apakah-ada-pembukaan-seleksi-cpns-dan-pppk-tahun-2024-ini-kata-bkn
Ilustrasi. Badan Kepegawaian Negara menjawab terkait apakah akan ada pembukaan seleksi CPNS atau PPPK tahun 2024 (Sumber: cpns.dinus.ac.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjawab pertanyaan apakah tahun depan atau tahun 2024 akan ada lagi pembukaan seleksi CPNS dan PPPK.

Diketahui, pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) masih berlangsung. 

Diperkirakan proses seleksi CPNS dan PPPK 2023 akan menginjak tahap akhir dan selesai pada Februari-Maret 2024. 

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suherman belum bisa memastikan apakah akan ada seleksi CPNS pada tahun 2024 mendatang.

"Saya belum tahu apakah tahun depan akan dibuka formasi untuk CPNS atau PPPK, yang jelas akan diselesaikan dahulu apa yang ada di depan mata (seleksi CPNS dan PPPK 2023-red)," kata Suherman dalam Diseminasi Transparansi Seleksi CASN 2023 di YouTube BKNgoidofficial, Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Hasil SKD CPNS 2023 Mulai Hari Ini, Simak Jadwal Seleksi Terbarunya

Kendati demikian, Suherman menginformasikan bahwa mulai tahun 2024, pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK akan lebih fleksibel.

"Mungkin mulai tahun 2024, pelaksanaan seleksi akan relatif fleksibel, tidak seperti sekarang dan tahun-tahun sebelumnya," ungkap Suherman.

Adapun fleksibel yang dimaksud, lanjut Suherman, adalah pelaksanaan seleksi CPNS atau PPPK akan dilaksanakan beberapa kali dalam satu tahun.

"Tentu nanti akan dirumuskan dengan teman-teman di Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan kesiapan di Kemendikbud untuk menyelesaikan soal-soal seleksinya," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) disebutkan bahwa tenaga hororer akan dihapus paling lambat Desember 2024.

Baca Juga: 15 Link Pengumuman Hasil SKD CPNS 2023, Bisa Dilihat Mulai Hari Ini

Selain itu, instansi pemerintah, pemerintah pusat atau daerah tidak boleh lagi merekrut tenaga Non-ASN atau tenaga honorer. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya masih akan menggodok Peraturan Pemerintah (PP) terkait rekrutmen CASN.

Anas menyebut, penyelenggaraan seleksi CPNS akan lebih sering dengan tujuan agar instansi tidak lagi merekrut pegawai honorer untuk mengisi kekosongan posisi akibat pegawai yang pensiun

"Ke depan siklusnya akan dipercepat. Kalau dulu kan setahun sekali, setelah PP-nya nanti bisa saja setahun bisa tiga kali, enggak seperti sekarang," ujar Anas, Jakarta, Kamis (9/11/2023), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi PPPK 2023 dan Link Cek Nilai, Berikut Tahapan Selanjutnya

Nantinya seleksi CASN atau seleksi CPNS akan dibuka sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi dari data jumlah pegawai yang pensiun pada periode tersebut.

"Kita lihat, si B ini nanti pensiunnya tahun depan bulan Februari, berapa yang pensiun bulan Februari? Bisa aja Januari sudah dilakukan rekrutmen. Kalau selama ini karena pensiun bulan Januari, ternyata rekrutmennya baru Februari dua tahun lagi, akhirnya dipakai honorer kan," ucapnya.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x