Kompas TV nasional politik

Puan: PDIP Jateng Ini Banteng-banteng Traktor, Tidak Ciut dengan Gangguan dan Ancaman

Kompas.tv - 19 November 2023, 22:34 WIB
puan-pdip-jateng-ini-banteng-banteng-traktor-tidak-ciut-dengan-gangguan-dan-ancaman
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani saat konferensi pers di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberi arahan saat menghadiri konsolidasi para KomandanTe se-Jateng dalam rangka penguatan barisan partai menjelang Pemilu 2024, di MAC Ballroom, Semarang, Minggu (19/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Puan memberi sejumlah arahan kepada KomandanTe bintang 3 dan bintang 2, ia menyebut PDIP kini lebih sabar dan tidak emosional dalam menanggapi dinamika politik menjelang Pemilu. 

"Beberapa waktu belakangan kok banyak yang bilang PDIP tidak emosional, PDIP tidak bertindak dalam situasi politik saat ini. Saya bilang, kita sabar bukan mengaku kalah, kita sabar bukan berarti diam, tapi kita sabar karena mau menang," ucap Puan Maharani.

KomandanTe atau Barisan Pasukan Bintang-Bintang merupakan bagian dari strategi pemenangan elektoral terpimpin secara gotong royong yang bertumpu pada mesin partai untuk memenangkan PDIP di Jawa Tengah dalam Pemilu 2024 mendatang. 

Sistem dimaksudkan antara pengampu wilayah dan jajaran struktural partai harus saling bergotong royong dalam memenangkan Pemilu. 

Adapun KomandanTe sendiri terdiri dari 3 Pasukan Bintang-Bintang yang membentuk rantai perjuangan. Para pemimpinnya disebut El KomandanTe Bintang 2 di wilayah DPC dan El Komandante bintang 3 di Wilayah DPD. 

Para KomandanTe sendiri memiliki basis wilayah tempur untuk meraih kemenangan di dalam daerah pemilihan DPRD Provinsi dan kabupaten/kota yang di laksanakan di 33 kabupaten/kota di Jawa Tengah. 

Puan menyebut, PDIP saat ini masih unggul dibanding 23 Parpol lainnya berdasarkan hasil lembaga-lembaga survei. 

Baca Juga: PDIP Mengaku Bangun Komunikasi dengan Tim Anies-Muhaimin terkait Tekanan Penguasa

Namun ia mengingatkan, hasil itu jangan membuat para kader lengah dan luput dalam gotong royong memenangkan PDIP

"Malahan kalau kitanya diam-diam saja, terlalu jemawa sama hasil survei akan memberikan ruang bagi mereka melakukan perlawanan. Jadi kita semua harus tegak lurus, harus berani turun kebawah untuk terus Berjuang memenangkan PDI Perjuangan," kata Puan yang disambut gemuruh para KomandanTe. 

Mantan Menko PMK ini pun menyinggung soal dua pasangan capres-cawapres lawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang disebutnya pasti sedang mengatur strategi untuk menggerus suara PDIP di Jateng. Meski begitu, Puan meyakini bahwa seluruh Kader PDIP di Jateng tetap solid dan tegak lurus arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x