Kompas TV nasional rumah pemilu

Hadir di Acara Pembukaan Ijtima Ulama, Anies Gaungkan Program Pemerataan Pembangunan dan SDM

Kompas.tv - 18 November 2023, 21:26 WIB
hadir-di-acara-pembukaan-ijtima-ulama-anies-gaungkan-program-pemerataan-pembangunan-dan-sdm
Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar usai memberi sambutan di acara pembukaan ijtima ulama di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

BOGOR, KOMPAS.TV - Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menghadiri pembukaan ijtima ulama di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Dalam sambutannya, Anies membahas pemerataan pembangunan dan sumber daya manusia yang kompeten.

Menurutnya, pemerataan pembangunan merupakan cita-cita awal berdirinya negara Indonesia yang dirumuskan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. 

"Inilah yang mau kita wujudkan untuk Indonesia ke depan, satu kemakmuran," ujar Anies dalam sambutannya, Sabtu (18/11/2023).

Anies menjelaskan, jika kemakmuran tidak merata, maka akan ada ketimpangan. Ia mencontohkan, salah satu penyebab pecahnya Yugoslavia yakni ketimpangan antara daerah satu dengan yang lain. 

Baca Juga: Anies Baswedan Bicara soal Ketimpangan, Singgung Pembangunan Manusia hingga Infrastruktur

Untuk itulah, pembangunan di Indonesia harus merata, baik pembangunan infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. 

Saat ini, ketimpangan menjadi potret yang terjadi di Tanah Air, dan ketimpangan menjadi tanda adanya ketidakadilan. 

Anies mencontohkan, potret ketimpangan yang terjadi mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pulau Sumatra dan Jawa pada 2013 sebesar 69,83 pesen.

Di tahun yang sama, IPM di pulau Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Sulawesi, Maluku, dan Papua sebesar 64,81 persen. 

Seiring waktu, IPM 2022 di Sumatra dan Jawa mendapat kenaikan, yakni 74,19 persen. Namun kenaikan yang signifikan tidak terjadi di pulau lain di luar Jawa dan Sumatra. Kenaikan IPMnya yakni 69,74 persen. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x