Kompas TV nasional politik

Jaksa Agung Rapat dengan DPR Bahas Pemilu 2024, Komisi III Ingatkan Netralitas

Kompas.tv - 16 November 2023, 11:49 WIB
jaksa-agung-rapat-dengan-dpr-bahas-pemilu-2024-komisi-iii-ingatkan-netralitas
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir di gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube DPR RI.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi III DPR RI melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Jaksa Agung St Burhanuddin pada Kamis (16/11/2023). 

Rapat itu membahas persiapan Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam menyongsong gelaran Pemilu 2024. 

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir memimpin jalannya rapat tersebut. 

Baca Juga: Mahfud MD Nilai Memorandum Jaksa Agung untuk Hindari Kriminalisasi Capres, Caleg hingga Cakada

"Sesuai dengan laporan sekretariat, rapat kerja telah dihadiri oleh 31 orang dari 52 anggota dan 9 fraksi dari 9 fraksi. Oleh karena itu, kuorum telah terpenuhi," kata Adies di gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Adies menjelaskan rangkaian rapat hari ini pertama diisi dengan jawaban Jaksa Agung terhadap pertanyaan tertulis yang sudah diajukan masing-masing-masing anggota kepada orang nomor satu di lembaga Korps Adhyaksa tersebut. 

"Perkenankan pimpinan menyampaikan agenda rapat, yaitu satu mendengarkan penjelasan Jaksa Agung mengenai pertanyaan tertulis yang telah diberikan oleh Komisi III DPR RI, kemudian tanya jawab diakhiri dengan kesimpulan dan diakhiri dengan penutup," katanya.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, negara sedang memasuki tahun politik yaitu penyelenggaraan pemilu dalam rangka pemilu yang bersih, bermartabat. 

"Pada kesempatan ini kejaksaan dapat melaksanakan tugas pokok dalam menegakkan hukum sama serta dapat menjunjung tinggi netralitas dengan tidak memihak partai politik atau kepentingan politik manapun," katanya. 

"Kami bersama jaksa agung membahas pola koordinasi forum sentra penegakan hukum terpadu, dukungan anggaran untuk mengoptimalkan peran dan fungsi kejaksaan dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024," ujarnya. 

Selanjutnya, Adies mempersilakan kepada Jaksa Agung untuk menyampaikan jawaban dari pernyataan tertulis anggota parlemen. 


"Kami berikan kesempatan pada saudara Jaksa Agung untuk memberikan jawaban yanh telah kami tanyakan. Untuk itu waktu kami persilakan," katanya. 

Baca Juga: Jaksa Agung Libya Bakal Usut Jebolnya 2 Bendungan yang Sebabkan Banjir, Tewaskan Belasan Ribu Jiwa

Rapat kerja siang ini juga dihadiri langsung oleh Wakil jaksa Agung Sunarta, Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan Mukarto, Jaksa Agung Muda Pidana Militer Wahyoedho Indrajit hingga Jampidum Fadil Zumhana. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x