Kompas TV nasional hukum

SKD CPNS Bertabur Joki: Kebanyakan Mahasiswa, Ada yang Lolos Scan Wajah, Dijanji Imbalan Rp30 Juta

Kompas.tv - 15 November 2023, 21:05 WIB
skd-cpns-bertabur-joki-kebanyakan-mahasiswa-ada-yang-lolos-scan-wajah-dijanji-imbalan-rp30-juta
Ilustrasi tes SKD. Berikut jadwal, lokasi dan ketentuan tes SKD CPNS Kemenkumham 2023 yang dimulai dilaksanakan pada 9 November 2023. (Sumber: kemkes.go.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 diwarnai dengan penangkapan joki tes CPNS di sejumlah wilayah di Indonesia.

SKD CPNS dilaksanakan pada 9-18 November 2023. Ujian dilakukan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT). Meski pelaksanaannya telah dilakukan dengan ketat, kecurangan masih saja mencari celah.

Berikut deretan joki tes CPNS 2023 yang berhasil dibekuk.

Baca Juga: Joki Tes CPNS di Lampung Ternyata Mahasiswa ITB, Polisi Selidiki Dugaan Adanya Tim Joki

Mahasiswa Unhas Joki CPNS di Makassar

Seorang mahasiswa berinisial MH (22) diamankan saat melancarkan aksinya menjadi joki tes CPNS Kemenkumham di salah satu kampus di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (12/11/2023). 

Mahasiswa semester 11 jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar itu bahkan bisa lolos dalam pemeriksaan scan wajah sehingga bisa masuk ke dalam ruangan tes mengikuti SKD CPNS.

Panitia sempat mencurigai perbedaan antara foto dengan kondisi fisik MH. Kecurigaan bertambah ketika hasil tesnya mendapatkan peringkat pertama pada sesi keempat.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Ridwan JM Hutagaol menjelaskan alasan mengapa MH bisa lolos pemeriksaan scan wajah. 

“Pas verifikasi wajah, joki yang mendaftar sehingga waktu tes, joki itu lolos tes dan ikut ujian,” jelas Ridwan, Selasa (14/11), seperti dikutip dari Kompas.com.

Ridwan bilang, MH dijanjikan imbalan setiap kali menjadi joki CPNS. Namun ia tak menyampaikan besaran imbalan yang dijanjikan kepada joki. Polisi pun menduga adanya pihak perantara.

Saat ini, MH ditetapkan sebagai tersangka. Ia dijerat dengan Pasal 46 jo Pasal 30 Ayat 1 UU ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara atau denda Rp600 juta.

Baca Juga: Mahasiswa Semester 11 Unhas Makassar jadi Joki Tes CPNS, Kini Terancam Hukuman 6 Tahun

Mahasiswa ITB Joki CPNS di Lampung




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x