Kompas TV nasional politik

Kapolri Tak Hadir Saat Rapat Bahas Pemilu 2024 di DPR, Anggota Komisi III: Istimewa Sekali Beliau

Kompas.tv - 15 November 2023, 11:09 WIB
kapolri-tak-hadir-saat-rapat-bahas-pemilu-2024-di-dpr-anggota-komisi-iii-istimewa-sekali-beliau
Kapolri menugaskan Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran saat rapat di Komisi III DPR, Rabu (15/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube DPR RI.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Pandjaitan mempertanyakan ketidakhadiran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rapat dengan Komisi III saat membahas pengamanan Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu (15/11/2023). 

Dalam agenda tersebut, Jenderal Sigit diwakilkan oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran. 

Politikus PDI Perjuangan atau PDI-P itu menyebut, selama dirinya menjadi anggota parlemen, setiap Kapolri pasti hadir dalam rapat bersama Komisi III DPR jelang pelaksanaan pemilu.

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Ajak Masyarakat Laporkan Anggota Langgar Netralitas Pemilu dengan Bukti 

"Sepanjang pengalaman saya, kalau mau pemilu, tidak pernah Kapolri diwakilkan. Kok istimewa sekali Kapolri yang sekarang? Diwakilkan," kata Trimedya ruang rapat Komisi III DPR, Rabu. 

"Terkecuali saudara ketua (Komisi III DPR Bambang Wuryanto) menyampaikan akan ada rapat lagi dengan Kapolri menjelang pemilu. Kita lihat Komisi I itu langsung panglimanya. Terima kasih," sambungnya. 

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman menyatakan sependapat dengan pandangan dari Trimedya. 

"Saya setuju dengan Pak Trimed. Tolong itu (agenda rapat dengan Kapolri lagi) diputuskan dulu, setelah ini kita lanjutkan," kata Benny. 

Namun, Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Gerindra Wihadi Wiyanto mengatakan tak perlu lagi mengagendakan rapat kembali dengan Kapolri. 

"Jadi artinya Kabaharkam ini tentu yang sangat tahu bagaimana pemilu itu akan berlangsung. Jadi saya kira tepat kalau memang rapat hari ini dengan Kabaharkam." 

"Kapolri saya kira sudah menugaskan Kabaharkam. Jadi kita tidak lagi mengulang waktu. Saya kira ini langkah yang tepat untuk kita tanya langsung dengan Pak Kabaharkam," ujarnya. 

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto memutuskan untuk melanjutkan rapat dengan Kabaharkam hari ini. 

Lalu, ia mempersilakan kepada Komjen Fadil untuk menjelaskan paparannya kepada seluruh anggota. 

Baca Juga: Deklarasi Pemilu Damai 2024, ini pesan kapolrestabes Makassar

"Justru dalam hal ini kita akan dengarkan detail dari pengamanan dulu, setelah itu akan kita adakan rapat dengan Pak Kapolri. Jadi akan ada sebelum pemilu nanti kita lakukan rapat lagi dengan Pak Kapolri. Jadi kita selesaikan dulu, kemudian kita rapat lagi."

"Oke kami persilakan Pak Kabaharkam untuk memulai paparannya. Terima kasih," sambung Bambang Wuryanto. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x