Kompas TV nasional politik

DPR Sahkan Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI pada 21 November

Kompas.tv - 13 November 2023, 14:09 WIB
dpr-sahkan-agus-subiyanto-jadi-calon-panglima-tni-pada-21-november
Jenderal Agus Subiyanto di gedung DPR, Jakarta, Senin (13/11/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, pihaknya akan mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi calon Panglima TNI pada 21 November 2023 mendatang untuk selanjutnya diserahkan ke Presiden Jokowi untuk dilantik.

Jenderal Agus akan menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. 

Baca Juga: Sah! Komisi I DPR Setujui Jenderal Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

"Kemungkinan minggu depan ada paripurna tanggal 21 (November). Jadi insyaallah tanggal 21," kata Meutya di gedung DPR, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Sebelumnya, Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, seluruh prajurit TNI ketika di bawah kepemimpinannya nanti tak boleh ada yang menyalahgunakan senjata untuk melukai rakyat. 

Hal itu ia katakan dalam pemaparan visi dan misi saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR RI, Senin (13/11/2023). 

"Maka di bawah kepemimpinan saya selaku Panglima TNI, saya akan tekankan kepada seluruh prajurit untuk tidak sekali-sekali melakukan arogansi serta tidak menyalahgunakan senjata dan amunisi yang dapat melukai, menyakiti hati rakyat," kata Agus. 


Menurut dia, personel TNI harus menjadi pelindung masyarakat, sehingga bisa menjalani tugas-tugasnya secara baik dan benar.

Baca Juga: Komisi I DPR Uji Kelayakan dan Kepatutan Agus Subiyanto sebagai Calon Panglima TNI Hari Ini

"TNI justru harus menjadi perisai dan pelindung rakyat karena sejatinya TNI lahir dan tumbuh dari rakyat untuk rakyat," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x