Kompas TV nasional politik

Sah! Komisi I DPR Setujui Jenderal Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

Kompas.tv - 13 November 2023, 12:35 WIB
sah-komisi-i-dpr-setujui-jenderal-agus-subiyanto-jadi-calon-panglima-tni-gantikan-yudo-margono
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/9/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube DPR RI.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal Agus Subiyanto menjadi Calon Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana Yudo MMargono. Yudo akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Keputusan itu diambil setelah Komisi I DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan kepada Jenderal Agus pada Senin (13/11/2023). 

Baca Juga: Diantar Panglima TNI dan Kapolri, Agus Subiyanto Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPR

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai (calon) Panglima TNI," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di gedung DPR, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Sebelumnya, Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, seluruh prajurit TNI ketika di bawah kepemimpinannya nanti tak boleh ada yang menyalahgunakan senjata untuk melukai rakyat. 

Hal itu ia katakan dalam pemaparan visi dan misi saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR RI, Senin (13/11/2023). 

"Maka di bawah kepemimpinan saya selaku Panglima TNI, saya akan tekankan kepada seluruh prajurit untuk tidak sekali-sekali melakukan arogansi serta tidak menyalahgunakan senjata dan amunisi yang dapat melukai, menyakiti hati rakyat," kata Agus. 


 

Menurut dia, personel TNI harus menjadi pelindung masyarakat, sehingga bisa menjalani tugas-tugasnya secara baik dan benar.

Baca Juga: Komisi I DPR Uji Kelayakan dan Kepatutan Agus Subiyanto sebagai Calon Panglima TNI Hari Ini

"TNI justru harus menjadi perisai dan pelindung rakyat karena sejatinya TNI lahir dan tumbuh dari rakyat untuk rakyat," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x