Kompas TV nasional rumah pemilu

Polisi Terjunkan Ribuan Personel Jaga Gedung KPU Jelang Penetapan Capres-Cawapres

Kompas.tv - 13 November 2023, 12:26 WIB
polisi-terjunkan-ribuan-personel-jaga-gedung-kpu-jelang-penetapan-capres-cawapres
Jalan di depan Kantor KPU ditutup menjelang penetapan calon presiden dan calon wakil presiden pada Senin (13/11/2023). (Sumber: Muhammad Ramdan/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak kepolisian menerjunkan 1.318 personel gabungan di kompleks kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI jelang penetapan capres-cawapres. Penetapan pasangan capres-cawapres untuk Pemilu 2024 mendatang akan dilangsungkan pada Senin (13/11/2023) pukul 15.00 WIB,.

"Untuk pengamanan, ada 1.318 personel kami kerahkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dikutip Kompas.com, Senin (13/11).

Baca Juga: PP Muhammadiyah Akan Gelar Uji Publik Capres-Cawapres, Anies-Muhaimin Siap Hadir

Kombes Trunoyudo menyampaikan, dari 1.318 personel, sebanyak 388 personel berasal dari Satgasda Polda Metro Jaya, 30 dari Satgasres Polda Metro Jakarta Pusat, serta 900 personel gabungan TNI/Polri.

Polisi pun menutup Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat di depan kantor KPU jelang penetapan capres-cawapres. Penutupan ini telah dilakukan sejak pukul 10.30 WIB.

Penutupan arus lalu lintas dilakukan untuk rute menuju Bundaran HI atau Jalan MH Thamrin. Jalan arah Taman Suropati atau menuju kawasan Menteng juga ditutup.


Trunoyudo menyampaikan, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kanto KPU. Trunoyudo menyebut rekayasa lalu lintas ini dilakukan secara situasioal.

KPU dijadwalkan menggelar rapat pleno penetapan capres-cawapres untuk Pilpres 2023 mendatang. Setelah dilakukan penetapan, KPU akan mengadakan pengundian nomor urut capres-cawapres pada Selasa (14/11) besok.

Baca Juga: Respons Pidato Megawati soal Kecurangan, TKN Prabowo-Gibran: Pemilu Itu Bicara Fakta Bukan Fiksi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x