Kompas TV nasional hukum

Firli Bahuri Bantah Hindari Pemeriksaan soal Dugaan Pemerasan ke SYL: Saya akan Hadapi Semua

Kompas.tv - 9 November 2023, 16:32 WIB
firli-bahuri-bantah-hindari-pemeriksaan-soal-dugaan-pemerasan-ke-syl-saya-akan-hadapi-semua
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri saat menyampaikan keterangan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/6/2021). Firli Bahuri menegaskan tidak menghindar dari pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL.
(Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan tidak menghindar dari pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL.

Sebelumnya Firli absen dari pemanggilan Polda Metri Jaya terkait kasus tersebut pada Selasa (7/11/2023), dengan alasan melakukan kunjungan kerja di Aceh.

"Tidak ada cara untuk menghindar apapun. Saya akan menghadapi semua," kata Firli di Aceh, Kamis (9/11).

Firli mengatakan kehadirannya di Aceh bukan untuk jalan-jalan, melainkan murni untuk menjalankan tugas sebagai pimpinan KPK.

"Anda mungkin mengikuti kegiatan saya di sini, bukan jalan-jalan. Saya melakukan tugas pokok ketua KPK, melaksanakan tugas pokok KPK di pasal 6 UU nomor 19 tahun 2019," tegasnya.

Selama di Aceh, Firli mengaku juga melakukan supervisi ke kejaksaan dan kepolisian.

"Hari ini kita melakukan kegiatan terkait dengan Road to Hakordia 2023 di Aceh," lanjutnya.

Baca Juga: Absen Pemanggilan Polda Metro Hari Ini, Agenda Inti Firli Bahuri di Aceh Baru Dimulai Besok

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Sejatinya, Firli seharusnya bisa menghadiri pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Selasa (7/11). Namun ia memilih berangkat ke Aceh untuk mengecek langsung persiapan acara yang akan dia hadiri. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Pemberitaan Ali Fikri, Senin (6/11).

"(Firli) ada kegiatan di Aceh dalam rangka roadshow bus dan juga Hakordia di Aceh," kata Ali, Senin (6/11).

"Saat ini posisi ada di Aceh ya KPK di sana teman-teman ada beberapa kegiatan yang dihadiri oleh ketua KPK nantinya sehingga sudah berkirim surat untuk mengkonfirmasi gitu ya ke ketidakhadiran,” ucap Ali.

Adapun agenda tersebut Firli dijadwalkan menghadiri acara rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kejaksaan Tinggi Aceh dan kegiatan seremonial roadshow bus KPK.

Dalam perkara ini, penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa puluhan saksi termasuk Firli Bahuri.

Firli kembali dipanggil Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan sebagai saksi dugaan pemerasan terhadap esk Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Selasa (7/11). Namun ia absen karena telaha memiliki agenda di Aceh.

Baca Juga: Polisi Sudah Dapat Balasan Permintaan Supervisi dari KPK untuk Usut Kasus Pemerasan Firli ke SYL


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x