Kompas TV nasional peristiwa

Cerita Menteri Basuki Jadi Satu-Satunya Orang yang Disalami Kaisar Jepang saat Terima Penghargaan

Kompas.tv - 9 November 2023, 11:15 WIB
cerita-menteri-basuki-jadi-satu-satunya-orang-yang-disalami-kaisar-jepang-saat-terima-penghargaan
(Dari kiri ke kanan) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Mantan Menlu RI Hassan Wirajuda usai menerima anugerah bintang jasa dari pemerintah Jepang di Tokyo, Jepang, Rabu (8/11/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku menjadi satu-satunya yang disalami langsung oleh Kaisar Naruhito saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang.

Acara penganugerahan bintang jasa "The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star" digelar di Tokyo, Jepang, Rabu (8/11/2023).

“Dari 118 peserta ada lima peserta internasional, satu saya dari Indonesia. Setelah Yang Mulia turun dari podium, beliau langsung menuju saya. Protokol di Jepang sangat ketat. Kita tidak boleh bicara dan menyalami kaisar. Tapi, beliau menyalami duluan dan menyampaikan ‘Nice to see you again’. Beliau masih ingat dengan saya,” tutur Basuki di Tokyo, seperti dikutip dari Antara.

Saat berbicara dengan kaisar, Basuki menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mengundang Kaisar Naruhito atas nama Jokowi, untuk menghadiri World Water Forum ke-10 yang akan diadakan di Bali pada 2024. Naruhito diketahui memiliki perhatian khusus terhadap isu air.

“Setelah menyapa saya, beliau jalan terus (dan) enggak menyapa siapa-siapa lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Mengaku Sering Diejek karena Upah Buruh Jateng Rendah, Begini Jawaban Ganjar Pranowo

Basuki menilai tindakan Kaisar Naruhito yang hanya menyalami dan manyapa dirinya itu menunjukkan hubungan Indonesia-Jepang sangat spesial.

Seperti diketahui, Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi Naruhito setelah ia dinobatkan sebagai kaisar.

Dalam kunjungannya ke Indonesia Juni lalu, Menteri Basuki ditugaskan Jokowi menemani Kaisar Naruhito karena menguasai perkembangan infrastruktur dan pengelolaan air di Indonesia.

Adapaun Basuki mendapat penghargaan dari Jepang karena dinilai berkontribusi dalam kerja sama kedua negara dalam pembangunan infrastruktur dasar, termasuk jalan dan sungai.

Baca Juga: Jika Jadi Presiden, Prabowo Usung Program Makan Siang Gratis untuk Anak Sekolah, Anggarannya Rp400 T

Pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya dari proyek pengendalian erosi gunung berapi (Sabo) di Gunung Merapi, Yogyakarta, telah menjadi masukan bagi proyek Sabo di Pulau Sakurajima dan Gunung Unzen Fugen-dake di Jepang.

Proyek tersebut dianggap telah memberikan kontribusi besar kepada pengembangan pencegahan bencana gunung berapi, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Jepang.

Selain Basuki, ada juga mantan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dan Profesor Universitas Negeri Surabaya Djodjok Soepardjo yang mendapat penghargaan.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x