Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo Ingin Bikin Sawah di Rawa-Rawa, Optimistis Indonesia Bisa Jadi Lumbung Pangan Dunia

Kompas.tv - 8 November 2023, 20:18 WIB
prabowo-ingin-bikin-sawah-di-rawa-rawa-optimistis-indonesia-bisa-jadi-lumbung-pangan-dunia
Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto saat meresmikan titik air di Desa Suro, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden (capres), Prabowo Subianto, menyebut Indonesia bisa mencapai swasembada pangan dan bahkan menjadi lumbung pangan dunia.

Untuk mewujudkan itu, Prabowo ingin membuat sawah di rawa-rawa sebagai cara untuk memanfaatkan lahan.

Menurut hitungannya, Indonesia memiliki sekitar 20 juta hektare rawa yang belum dimanfaatkan. Politikus Partai Gerindra itu mengaku memiliki teknologi untuk mencetak sawah di rawa-rawa.

"Kami ada teknologinya membuat sawah di lahan rawa, membuat kebun jagung di rawa, kami sudah melaksanakan percobaan, bahkan lebih murah daripada sawah biasa. Air tidak jadi masalah," kata Prabowo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: Mahfud MD: Anwar Usman Mundur dari MK Itu Sudah Bukan Urusan Saya, Itu Urusan Moral Dia

Menteri Pertahanan itu menyebut pemanfaatan rawa sebagai lahan pangan dapat menggenjot produksi sehingga mempercepat realisasi target swasembada pangan Indonesia.

Bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu menyebut pemanfaatan 5-6 juta hektare rawa sebagai lahan pangan dapat mewujudkan swasembada pangan.

Setelah itu, kata Prabowo, Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan negara lain dan menjadi lumbung pangan dunia.

Jika terpilih, Prabowo mengaku akan bergerak mulai dari tingkat desa untuk mewujudkan lumbung pangan.

"Indonesia sudah hitung, 3 tahun swasembada pangan. Setelah itu, Indonesia sudah bisa menjadi lumbung pangan dunia," kata Prabowo, dikutip Antara.

"Kami mau menghidupkan lagi lumbung pangan desa, lumbung pangan kecamatan, lumbung pangan kabupaten, lumbung pangan provinsi, dan lumbung pangan nasional. Nantinya saya optimistis Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia," lanjutnya.

Baca Juga: Jika Jadi Presiden, Prabowo Usung Program Makan Siang Gratis untuk Anak Sekolah, Anggarannya Rp400 T

Prabowo bersama bakal calon wakil presidennya, Wali Kota Surakarta sekaligus putra Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Pasangan Prabowo-Gibran diusung KIM yang berisi Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Partai Gelora, Partai Garuda, PSI, dan Partai Prima.


 



Sumber : ANTARA


BERITA LAINNYA



Close Ads x