Kompas TV nasional politik

Soal Pencopotan Baliho Ganjar-Mahfud di Bali, PDIP: Banteng Diam Jangan Diganggu, jika Bangun Brutal

Kompas.tv - 31 Oktober 2023, 23:01 WIB
soal-pencopotan-baliho-ganjar-mahfud-di-bali-pdip-banteng-diam-jangan-diganggu-jika-bangun-brutal
Satpol PP Bali saat menurunkan atribut PDI Perjuangan (PDIP) di lokasi kunjungan kerja Presiden Jokowi di Pasar Bulan, Gianyar, Bali, Selasa (31/10/2023). (Sumber: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Bidang Kehormatan PDI Perjuangan (PDIP) Komarudin Watubun menanggapi pencopotan baliho bergambar pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di Kabupaten Gianyar, Bali.

Komarudin mengeklaim Bali hingga kini masih menjadi kandang partai berlambang banteng moncong putih.

Sebab itu, ia menilai PDIP Bali perlu melakukan investigasi terkait pencopotan baliho tersebut.

"Di Bali kita tahu sarangnya banteng, kandangnya banteng. Jadi kalau sampai ada yang berani melakukan tindakan begitu, mereka harus segera melakukan investigasi ke bawah," ujarnya di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Saya bisa melihat itu sebagai provokator. Masak kandang orang bisa berani begitu," imbuhnya seperti yang dilaporkan jurnalis Kompas TV, Putu Trisnanda.

Komarudin mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tidak berupaya mengganggu PDIP dan menjadi provokator.

"Banteng jangan diganggu. Banteng kalau diam jangan diganggu. Kalau bangun, dia brutal," tegasnya.

"Banteng itu enggak ada jangan cengeng. Banteng itu kalo diam jangan diganggu. Itu bahaya. Kita berdoa semua urusan kepentingan pribadi kelompok dibatasi," ucapnya.

Dilansir Antara, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali mencabut atribut berbau politik seperti bendera PDIP dan baliho Ganjar-Mahfud di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga: Reaksi Jokowi Ditanya Soal PDIP Sedih dan Merasa Ditinggalkan

Penurunan atribut PDIP itu dilakukan sekitar satu jam sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di tiga lokasi terkait, yakni SMK Negeri 3 Sukawati, Pasar Bulan, dan Balai Budaya Batubulan.

Menurut Kepala Satpol PP Bali Nyoman Rai Dharmadi, pencabutan atribut tersebut merupakan perintah Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

Ia menegaskan, kebijakan ini tidak hanya menyasar pasangan bakal capres dan wapres maupun partai politik tertentu tetapi semua atribut politik.

“Yang pasti, kami diminta untuk mencabuti atribut partai politik di lokasi acara. Tidak memandang itu bendera PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, tidak ada urusannya tidak ada kaitannya,” kata Rai di Gianyar, Selasa.

“Itu untuk membangun suasana netral sebenarnya. Menurut saya, benar juga agar tidak terkesan memihak salah satu partai tertentu, termasuk beberapa titik di Renon, ada (baliho) Kaesang Pangarep kan kita cabuti juga,” sambungnya.

Baca Juga: Hasto Kristiyanto Ungkap PDIP Dalam Suasana Sedih, Jokowi-PDIP Pisah Jalan?


 




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x