Kompas TV nasional humaniora

Apa Itu Ujian CAT BKN yang Digunakan dalam Seleksi CPNS-PPPK 2023? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 15:46 WIB
apa-itu-ujian-cat-bkn-yang-digunakan-dalam-seleksi-cpns-pppk-2023-ini-penjelasannya
Ilustrasi. Apa itu ujian CAT BKN dalam seleksi CPNS-PPPK 2023? (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT.

Ujian CPNS dan PPPK berdasarkan CAT itu akan diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Diketahui, peserta seleksi CPNS 2023 akan melaksanakan ujian tes seleksi kompetensi dasar (SKD), sementara peserta seleksi PPPK 2023 akan melaksanakan tes kompetensi.

Lokasi dan jadwal ujian CPNS-PPPK akan diumumkan oleh instansi masing-masing. Nantinya peserta harus membawa kartu ujian yang sudah dicetak dari laman SSCASN.

Baca Juga: Tes PPPK Guru 2023 Apa Saja? Ini Kisi-kisi, Passing Grade dan Jadwalnya

Apa Itu CAT BKN?

CAT merupakan sistem seleksi CPNS-PPPK dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi.

Sistem CAT ini didesain semudah mungkin, sehingga peserta seleksi dipastikan dapat mengoperasikannya. Peserta hanya mengeklik dengan tetikus atau mouse untuk memilih jawaban yang benar.

Dilansir laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), seleksi CPNS dulu identik dengan kongkalikong dan kecurangan.

Namun pemerintah menjamin seleksi CPNS kini lebih kompetitif, adil, objektif, transparan, dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Berkat tes dengan sistem CAT ini, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam perekrutan CPNS disebut-sebut meningkat sebab tidak ada celah untuk "titip-menitip".

Dengan sistem CAT yang sudah digunakan sejak tahun 2013, diharapkan negara bisa mendapatkan sumber daya manusia yang profesional. 

Baca Juga: Jadwal CPNS-PPPK 2023 Terbaru, Ketentuan Cetak Kartu Ujian dan Tes SKD di Berbagai Instansi

Nantinya, nilai dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes.

Selama proses tes, pengantar atau orang lain dapat melihat hasil secara real time melalui layar monitor yang disediakan di luar ruangan tes.



Sumber : menpan.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x