Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei SMRC: Prabowo-Gibran 36%, Ganjar Mahfud 33,1%, dan Anies-Cak Imin 23,5%

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 14:22 WIB
survei-smrc-prabowo-gibran-36-ganjar-mahfud-33-1-dan-anies-cak-imin-23-5
Kolase tiga bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024, (dari kiri ke kanan) Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh nilai elektabilitas sebesar 36 persen dan tertinggi bila dibandingkan dengan dua bakal capres-cawapres lainnya. 

Hal itu berdasarkan hasil survei teranyar lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). 

Saat ini ada tiga bakal capres dan cawapres yang sudah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Selain Prabowo-Gibran, ada bakal paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Baca Juga: SMRC: Ada 30 Juta Suara Kelompok 212 Cenderung Pilih Anies Baswedan di Pilpres 2024

"Dalam semulasi pasangan sebagaimana yang didaftarkan ke KPU, Anies – Cak Imin mendapatkan suara 23,5 persen; Ganjar–Mahfud 33,1 persen; Prabowo–Gibran 36 persen; dan belum jawab 7,4 persen," kata peneliti SMRC, Saiful Mujani, dalam keterangannya, Kamis (26/10/2023). 

Saiful menjelaskan, selisih suara Prabowo dan Ganjar pada survei kali ini tidak signifikan secara statistik karena jaraknya kurang dari dua kali margin of error (MoE). MoE pada survei ini sebesar 2,5 persen. 

Selisih Prabowo dan Ganjar pada survei ini hanya 1,8 persen. Sementara selisih kedua calon itu dengan Anies sudah signifikan, 12,5 persen dengan Ganjar. 

"Sementara pemilih yang belum menentukan pilihan sudah sangat sedikit. Dengan posisi seperti ini, kemungkinan pilpres berlangsung dua putaran menjadi sangat terbuka," kata Saiful. 

Menurut dia, sejauh ini atau sampai pada survei dilakukan pada awal Oktober 2023, tiga nama bakal cawapres belum punya kontribusi pada pasangannya masing-masing. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x