Kompas TV nasional politik

Disebut Berpeluang Gantikan Panglima TNI Yudo Margono, KSAL Ali: Saya Enggak Mikir ke Sana

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 15:27 WIB
disebut-berpeluang-gantikan-panglima-tni-yudo-margono-ksal-ali-saya-enggak-mikir-ke-sana
Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali usai memimpin upacara serah terima jabatan perwira tinggi TNI AL di lapangan Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (26/10/2023). Serah terima jabatan perwira tinggi TNI di antaranya Komandan Komando Pendidikan dan Pengembangan Angkatan Laut (Dankodiklatal), Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akan memasuki usia pensiun dari dunia militer pada 26 November 2023.

Salah satu nama yang disebut  berpeluang menggantikan Yudo Margono yakni, Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali. 

Ali merupakan jenderal bintang empat dengan usia pensiun di tahun 2025. 

Mengenai peluangnya menjadi panglima TNI, Ali mengaku saat ini dirinya tidak memikirkan karier menjadi panglima TNI. 

Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I ini menjelaskan dirinya masih fokus untuk menjalankan tugasnya sebagai KSAL.

Baca Juga: Soal Pergantian Panglima TNI, Jokowi: Masih dalam Proses

Ali dilantik Presiden Joko Widodo menjadi KSAL pada 28 Desember 2022, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 100 TNI tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut tertanggal 28 Desember 2022 dan Keputusan Presiden Nomor 101 TNI 2022 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI tertanggal 28 Desember 2022.

"Saya enggak mikir ke sana ya, yang penting kita jalankan saja apa yang ada sekarang, sedang melaksnakan ini," ujar Ali di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (26/10/2023). Dikutip dari Kompas.com.

Ali menambahkan urusan pergantian panglima TNI merupakan hak prerogatif presiden. Hal ini yang membuatnya tidak ingin masuk dan memberi pendapat mengenai pergantian panglima TNI. 

Presiden akan menetapkan beberapa nama untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Setelah mendapat persetujuan DPR, barulah Presiden Jokowi melaksanakan pelantikan pergantian Panglima TNI Yudo Margono.  

"(Panglima TNI) juga ada persetujuan DPR, nanti silakan saja, yang penting saya sebagai kepala staf sudah menjalani tugas secara baik apa tidak. Itu konsentrasi saya," ujar Ali.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x