Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU: Berkas Pendaftaran Ganjar dan Mahfud MD Dinyatakan Lengkap, Lanjut Tahap Verifikasi

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 13:45 WIB
kpu-berkas-pendaftaran-ganjar-dan-mahfud-md-dinyatakan-lengkap-lanjut-tahap-verifikasi
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Tugu Proklamasi, Kamis (19/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan berkas pendaftaran capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinyatakan lengkap.

Hasyim menjelaskan bahwa dalam pendaftaran ini, ukuran yang ditetapkan adalah dokumen lengkap atau belum lengkap. Pihaknya sudah memeriksa berkas Ganjar dan Mahfud dan menyatakan berkas lengkap.

“Pendaftaran ini ukuran hanya satu, apakah dokumennya lengkap atau belum lengkap, sudah kami periksa untuk dokumen persyaratan bakal pasangan calon yang didaftarkan hari ini, kami nyatakan lengkap dokumennya,” kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023), dipantau dari Breakingnews KompasTV

Baca Juga: Ganjar dan Mahfud MD Resmi Daftar Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024

Selanjutnya, berkas tersebut akan melewati tahapan verifikasi. KPU akan memeriksa apakah berkas pendaftaran Ganjar dan Mahfud sudah benar dan sah atau belum.

Apabila ditemukan berkas yang belum benar dan sah, maka KPU memberikan kesempatan kepada bakal pasangan calon untuk melakukan perbaikan.

“Tahap berikutnya adalah verifikasi, kategorinya dua, dokumennya sudah benar dan sah. Nanti kalau ada hal-hal yang dokumennya belum benar atau belum benar, bisa diperbaiki,” ucapnya.

KPU juga akan memberikan surat pengantar pemeriksaan kesehatan kepada Ganjar dan Mahfud. Pemeriksaan kesehatan dijadwalkan pada Minggu (22/10).

Diberitakan sebelumnya, gabungan partai politik pengusung, PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo, telah mendaftarkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai capres-cawapres untuk Pilpres 2024.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa pihaknya percaya kepada KPU untuk melakukan verifikasi berkas pendaftaran.

“Kami berharap pemilu benar-benar dapat dilaksanakan dengan lebih demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, serta menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi,” pungkas Megawati.

Baca Juga: Pengamat Politik: Rasa-rasanya Hubungan Jokowi dan PDI-P Sulit Diselamatkan, Sudah Tidak Dianggap

Ganjar: Semoga KPU bisa jadi wasit... 

Sementara itu, bakal capres Ganjar Pranowo mengatakan bahwa ia dan Mahfud MD juga menyertakan visi misi dan program yang diklaim akan membawa Indonesia lebih baik.

Ia berharap KPU bisa menjadi lembaga yang netral dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2024.

“Mudah-mudahan KPU bisa menjadi wasit yang insyaallah pasti paling netral, pasti memberikan layanan terbaik, dan kita persembahkan untuk kemajuan bangsa dan negara,” ucap Ganjar.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x