Kompas TV nasional hukum

Kapolda Metro Jaya Surati Dewas KPK, Minta Supervisi Tangani Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 10:42 WIB
kapolda-metro-jaya-surati-dewas-kpk-minta-supervisi-tangani-kasus-dugaan-pemerasan-pimpinan-kpk
Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto didamping jajarannya saat memberikan keterangannya mengenai penanganan kasus KDRT viral di Mapolrestro Depok, Kamis (25/5/2023). (Sumber: KOMPAS.com/M Chaerul Halim)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto disebut telah mengirimkan surat kepada Dewan Pengawas atau Dewas Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK untuk bersama-sama menangani  kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak.

"Bahwa surat Kapolda Metro telah dikirimkan kepada Dewas KPK RI," kata Ade dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Fransisco Donasiano pada Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: Mantan Wakil Ketua KPK Mochammad Jasin Diperiksa Polda Metro Jaya soal Kasus Pemerasan Pimpinan KPK

Ade menjelaskan tujuan surat Kapolda Metro Jaya kepada Dewas KPK untuk merujuk surat supervisi terdahulu yang juga dikirimkan Polda Metro Jaya kepada KPK.

Dalam surat tersebut, Ade menuturkan Polda Metro berharap Dewas KPK mampu mendorong pimpinan KPK untuk menugaskan deputi koordinator untuk melakukan koordinasi supervisi penanganan perkara. 

Ade menambahkan tujuan Polda Metro Jaya meminta supervisi kepada KPK dalam rangka transparansi penyidikan kasus dugaan pemerasan kepada Syahrul Yasin Limpo.

"Dan ini juga untuk membantu proses pengawasan penyidikan yang saat ini kami lakukan," ujar Kombes Ade.

Ade menambahkan saat ini penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa sebanyak 45 saksi dalam mengusut kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Diketahui, penyidik Polda Metro Jaya saat ini tengah mengusut dugaan pemerasan Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK.

Baca Juga: Firli Balas Saut Situmorang: Sangat Mungkin Para Koruptor Bersatu Melakukan Serangan

Kini Polda Metro Jaya sudah menaikkan status kasus ini ke tahap penyidikan. Dalam menangani kasus ini, Polda Metro Jaya menyelidiki pertemuan Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo di lapangan badminton.

Mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang merupakan salah satu saksi yang telah diperiksa penyidik Polda Metro Jaya dalam kasus ini.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x