Kompas TV nasional rumah pemilu

Alasan Megawati Tunjuk Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar: Pendekar Hukum dan Pembela Wong Cilik

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 12:42 WIB
alasan-megawati-tunjuk-mahfud-md-jadi-cawapres-ganjar-pendekar-hukum-dan-pembela-wong-cilik
Pasangan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menjelaskan alasannya menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Hal ini disampaikan dalam pengumuman cawapres Ganjar di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Megawati bercerita bahwa ia kenal baik dengan Mahfud karena Mahfud pernah menjadi anggota Dewan Pembina Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dari segi hukum, Megawati menilai bahwa Mahfud MD memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang hukum yang mumpuni karena memiliki pengalaman di lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Baca Juga: Mahfud Sebut Ganjar Figur Tepat Pimpin Bangsa Indonesia: Dia Berani Perbaiki yang Bengkok-bengkok

Hal ini sejalan dengan agenda PDI-P untuk melakukan reformasi hukum di Indonesia. 

Mahfud MD diketahui pernah menjabat sebagai anggota DPR RI, menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), dan mengemban jabatan eksekutif sebagai Menko Polhukam.

“Prof Mahmud juga dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik. Saya bilang sama beliau, ‘Ya ini hukum ini jangan terus semuanya pada bungkam. Untuk apa ada aturan hukum kalau semuanya pada diam. Ayo, kita ngomong pak’,” jelas Megawati, dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV.

Mahfud MD juga diyakini dapat menjadi wasit yang baik di tengah persaingan politik dan bisnis yang menurut Mega kerap kali dirasakan tidak adil.

“Tampil apa adanya, jujur, bernyali, dan komitmen ideologisnya tidak perlu diragukan lagi,” jelas Mega.

Dalam pidatonya, Megawati juga berharap pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud MD dapat menyuburkan demokrasi negeri dengan bertindak sebagai sahabat rakyat sejati.

Baca Juga: Megawati: Mahfud MD, Sosok dengan Pengalaman Lengkap di Lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif

Ia juga menyinggung lirik Indonesia Raya 3 stanza dan mengutip stanza ketiga, “Indonesia, tanah yang suci, Tanah kita yang sakti, Di sanalah aku berdiri, jaga ibu sejati. Indonesia, tanah berseri, Tanah yang aku sayangi, Marilah kita berjanji, Indonesia abadi.”

“Jadi agar Indonesia suci dan abadi, pilihlah sosok pemimpin yang baik, jujur, dan mampu bertanggung jawab bagi lebih dari 270 juta rakyat Indonesia,” pungkas Mega.

Pasangan Ganjar-Mahfud MD selanjutnya akan menghadiri acara deklarasi pada malam nanti. Kemudian, keduanya akan mendaftarkan diri sebagai pasangan capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada besok Kamis (19/10).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x