Kompas TV nasional rumah pemilu

Resmi! Mahfud MD Jadi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 10:35 WIB
resmi-mahfud-md-jadi-bakal-cawapres-ganjar-pranowo
Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD. (Sumber: KOMPAS/HAS/DIAN DEWI PURNAMASARI)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PDI Perjuangan atau PDI-P akhirnya mengumumkan bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Ia adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Pengumuman cawapres Ganjar ini digelar di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023), atau satu hari sebelum pendaftaran capres dan cawapres yang akan dimulai besok Kamis (19/10) hingga Rabu (25/10).

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengatakan, bakal cawapres Ganjar adalah Mahfud MD.

"Dengan mengucap Bismillah yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Profesor Mahfud MD,” kata Megawati, Rabu, dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV.

Baca Juga: PPP Tetap Dukung Ganjar Meski Sandiaga Uno Tak Dipilih Jadi Bakal Cawapres di Pilpres 2024

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD hadir memakai baju batik hijau.

Deklarasi Ganjar-Mahfud MD dihadiri oleh Plt Ketua Umum PPP M Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, serta Ganjar Pranowo.

Ganjar-Mahfud MD merupakan pasangan capres-cawapres kedua yang melakukan deklarasi kedua setelah pasangan Anies-Cak Imin yang dideklarasikan pada 2 September 2023 lalu.

Sementara, cawapres Prabowo hingga kini belum diumumkan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Hanura Benny Rhamdani mengungkapkan sosok cawapres Ganjar, yakni inisial M. Sayangnya, Benny enggan mengungkapkan nama lengkap sosok tersebut.

Nama Mahfud MD pun menguat. Selasa (17/10) malam beredar foto mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu bersama Megawati di kediaman Megawati di Jakarta Pusat.

Sosok cawapres Ganjar telah dinanti-nanti oleh para pendukungnya sejak lama. Senin (16/10), Megawati sempat memastikan bahwa penentuan cawapres Ganjar telah disiapkan dengan matang.

"Saya telah mempertimbangkan dengan matang nanti siapa sosok yang paling tepat mendampingi Pak Ganjar Pranowo," kata Megawati, Senin.

Baca Juga: Alasan PDI-P Umumkan Cawapres Ganjar Pranowo Satu hari sebelum Pembukaan Pendaftaran Capres di KPU

Presiden kelima RI itu juga mengatakan, dirinya menerima berbagai masukan terkait siapa yang akan menjadi bakal cawapres Ganjar di Pilpres 2024.

Megawati juga memastikan bahwa ia tidak akan salah memilih pendamping Ganjar yang akan berlaga di kontestasi pilpres 2024.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x