Kompas TV nasional peristiwa

Anies Cek Kesehatan di RSUP Fatmawati, Mulai dari Darah hingga Psikologis Diperiksa

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 11:23 WIB
anies-cek-kesehatan-di-rsup-fatmawati-mulai-dari-darah-hingga-psikologis-diperiksa
Bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan menjalani medical check up atau tes kesehatan di RSUP Fatmawati, Selasa (17/10/2023). Tes kesehatan ini untuk melengkapi berkas administrasi surat keterangan sehat untuk pendaftaran Capres-Cawapres di KPU. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan menjalani medical check up atau tes kesehatan di RSUP Fatmawati. 

Anies menjelaskan tes kesehatan ini dilakukan syarat administrasi surat sehat untuk pendaftaran Capres-Cawapres di KPU. 

Rencananya Anies bersama Muhaimin Iskandar akan mendaftar sebagai pasangan Capres-Cawapres di hari pertama pembukaan pendaftaran pada 19 Oktober 2023.

Menurut Anies rangkaian cek kesehatan yang dilakukannya ini meliputi cek darah, urin, rontgen, wawancara dengan dokter penyakit dalam hingga wawancara dengan psikiater. 

Serangkaian tes ini untuk memastikan syarat administrasi sehat jasmani dan rohani terpenuhi. 

Baca Juga: Begini Kata Anies Baswedan Terkait Putusan MK Soal Batas Usia Capres Cawapres di Pemilu

"Menurut tim RSUP Fatmawati hasilnya akan bisa segera keluar, jadi mudah-mudahan hari ini. Mudah-mudahan besok paling telat," ujar Anies di RSUP Fatmawati, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut Anies menjelaskan meski nanti hasil dari tes kesehatan dirinya dinyatakan sehat jasmani dan rohani, namun dalam proses pendaftaran, bakal Capres dan Cawapres tetap menjalani tes kesehatan. 

Ia menilai rangkaian tes kesehatan sebagai Capres-Cawapres yang dilakukan oleh KPK dengan mengandeng rumah sakit nanti akan lebih panjang dibanding medical check up yang dijalankan saat ini. 

"Sebenarnya ini bukan tes kesehatan seperti calon presiden. Cek kesehatan sesungguhnya akan dilakukan sesudah pendaftaran. Ini adalah lampiran yang dibutuhkan untuk mendaftar di KPU," ujar Anies. 

Sebelumnya bakal Cawapres Anies, Muhaimin Iskandar sudah lebih dulu melakukan tes kesehatan di RSUP Fatmawati pada Jumat lalu.

Baca Juga: Pakai Sepeda dari Rumah, Anies Cek Kesehatan di RSUP Fatmawati

Rencananya Anies dan Muhaimin ini akan mendaftarkan diri di KPU sebagai pasangan Capres-Cawapres untuk pemilihan presiden 2024.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x