Kompas TV nasional humaniora

MER C Berencana Kirim Relawan ke Gaza, yang Sudah di Lokasi Diminta Tetap di Sana

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 13:41 WIB
mer-c-berencana-kirim-relawan-ke-gaza-yang-sudah-di-lokasi-diminta-tetap-di-sana
MER C berencana mengirim relawan kemanusiaan ke wilayah Gaza, Palestina, untuk membantu penanganan korban perang Hamas vs Israel. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Medical Emergency Resceue Committee (MER C) berencana mengirim relawan kemanusiaan ke wilayah Gaza untuk membantu penanganan korban perang kelompok Hamas Palestina dengan Israel.

Ketua Presidium MER C, Sarbini Abdul Murad mengatakan, pertempuran antara pihak Palestina melawan Israel menimbulkan banyak korban sipil.

“Terjadi pertempuran antara pihak Palestina, dalam hal ini Hamas dengan Israel, yang banyak menimbulkan korban sipil,” tuturnya dalam konferensi pers, Selaasa (10/10/2023).

“Kita juga melihat bahwa Israel melakukan serangan-serangan brutal terhadap sasaran-sasaran sipil yang ada di Gaza, dengan alasan markas Hamas, dengan alasan bengkel pembuatan senjata, dengan alasan tempat persembunyian Hamas dan sebagainya,” tuturnya.

Menurutnya, hal itu merupakan upaya dari Israel untuk menghancurkan kemanusiaan yang ada di Palestina.

“Itu semua adalah upaya-upaya yang sistematis yang dilakukan oleh Israel, untuk melumpuhkan dan menghancurkan kemanusiaan yang ada di Gaza Palestina,” imbuhnya.

Baca Juga: Sebut Kehancuran Warga di Gaza Sangat Mengerikan, Palestina: Kami Akan Terus Membela Diri

Akibat dari pertempuran itu, kata dia, rumah sakit  Indonesia di Gaza  menerima gelombang korban akibat serangan Israel, dan saat ini mulai mengalami kekurangan obat-obatan.

“Pada hari ini rumah sakit Indonesia di Gaza mengalami kesulitan untuk pengobatan, melakukan tindakan-tindakan operasi,” katanya.

“Obat-obat bius, obat yang menyangkut tentang bedah, alat-alat atau instrumen bedah semakin lama semakin menipis karena jumlah korban yang begitu luar biasa,” tambahnya.

Kondisi tersebut diperparah dengan dokter yang mulai kelelahan menangani para korban, dan dapat berimbas buruk pada tenaga medis maupun para korban.

“Memandang hal itu, maka MER-C memandang perlu mengirimkan tim bedah dan tim bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina,” ujarnya.

Tim ini, kata dia, akan dipimpin oleh orang yang sangat berpengalaman, yang sering ke Gaza, yaitu Farid Alim.

“Menurut kami bukan hanya bantuan kemanusiaan tapi juga mempersiapkan untuk pembangunan poli spesialis yang ada di samping rumah sakit Indonesia di Gaza,” tuturnya,

“Kami minta pada Kementerian Luar Negeri agar bisa membantu memfasilitasi tim ini untuk sesegera mungkin bisa masuk ke Gaza,” tambahnya.

Dalam waktu yang angat singkat, lanjutnya, MER C akan berkoordinai dengan pihak Kementerian Luar Negeri dan pihak KBRI di Kairo untuk bisa memfasilitasi tim medis dan tim bantuan kemanusiaan ke Gaza.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x