Kompas TV nasional hukum

Firli Bahuri Buka Suara soal Foto Bersama Syahrul Yasin Limpo, Akui Sempat Bertemu

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 13:27 WIB
firli-bahuri-buka-suara-soal-foto-bersama-syahrul-yasin-limpo-akui-sempat-bertemu
Foto Firli Bahuri dan Syahrul beredar di grup WhatsApp, Jumat 6 Oktober 2023. Firli membantah pernah bertemu SYL di Lapangan Bulutangkis. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri merespons soal foto dirinya duduk bersama mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang kini banyak beredar di media sosial.

Firli mengatakan, peristiwa di foto tersebut terjadi pada awal bulan Maret 2022.

"Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa, perkara di Kementerian Pertanian ini mulai masuk ke tahap Penyelidikan oleh KPK pada sekitar Januari 2023," kata Firli melalui keterangan tertulis yang dilaporkan jurnalis Kompas TV Karima, Senin (9/10/2023).

"Sedangkan pertemuan di Lapangan Bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, Saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022," ujarnya.

Pertemuan itu, kata Firli, dilakukan secara beramai-ramai di tempat yang terbuka. 

"Maka dalam waktu tersebut, status Saudara Syahrul Yasin Limpo bukan tersangka, terdakwa, terpidana ataupun pihak yang berperkara di KPK," ucapnya.

Baca Juga: Saut Situmorang Menduga Kepemimpinan Kolektif Kolegial di KPK Sudah Tidak Jalan

Ia juga menyatakan bahwa pertemuan itu terjadi tanpa inisiasi atau undangan darinya.

"Hal ini sebagaimana kami jelaskan sebelumnya pada 5 Oktober 2023 lalu, bahwa tuduhan-tuduhan tersebut tidaklah benar," katanya.

Ia menyebut, ada banyak perkara korupsi yang sedang diselesaikan KPK, sehingga ia menuding ada koruptor yang menyerang KPK.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x