Kompas TV nasional rumah pemilu

Kriteria Presiden Menurut JK Dipenuhi Anies Baswedan: Cerdas hingga Punya Pengalaman Leadership

Kompas.tv - 7 Oktober 2023, 12:16 WIB
kriteria-presiden-menurut-jk-dipenuhi-anies-baswedan-cerdas-hingga-punya-pengalaman-leadership
Bacapres Anies Baswedan dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) di rumah JK, di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023) pagi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) menyebutkan sejumlah kriteria presiden yang menurutnya dapat dipenuhi oleh bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

"Saya punya kriteria begini, orangnya tentu mempunyai leadership, mempunyai kecerdasan, orang teguh pada pendirian, punya pengalaman, saya kira semua itu dapat dipenuhi oleh Anies," kata JK usai bertemu dengan Anies di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023) pagi.

Ia menilai Anies yang pernah berkiprah sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014-2016, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, dan Rektor Universitas Paramadina Jakarta, menunjukkan adanya kepemimpinan yang baik.

"Kalau tidak ada pengalaman, bagaimana memimpin bangsa ini?" ucap JK bertanya.

JK juga mengaku memberikan sejumlah strategi untuk memenangkan pemilihan umum presiden (Pilpres) pada 2024 mendatang, di antaranya melihat wilayah yang potensial dan menunjukkan orisinalitas atau jati diri kepada masyarakat.

Baca Juga: Jusuf Kalla Bagikan Strategi Menang Pilpres ke Anies Baswedan: Saya kan 3 Kali Ikut, Tak Mudah

"Tentu lihat di mana wilayah-wilayah yang potensial, tentu berikanlah original (originalitas) kalau cinta kepada ummat bagaimana, kalau punya pengalaman bagaimana, bukan dibuat-buat," ujarnya.

Saat ditanya wartawan, apakah kriteria itu sudah dipenuhi Anies, JK dengan tegas membenarkannya.

"Iya. Kalau tidak punya leadership bagaimana bisa jadi menteri, jadi gubernur, bagaimana bisa jadi rektor. Punya kecerdasan saya kira tentu, kalau punya track record, ada masalah nggak selama ini? Kan nggak ada," kata JK.

Selain itu, ia juga menekankan tentang masalah moral, misalnya korupsi, yang tidak terbukti dilakukan oleh Anies dalam isu Formula E.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x