Kompas TV nasional politik

Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi Jadi Plt Mentan usai Syahrul Yasin Mundur

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 14:10 WIB
jokowi-tunjuk-kepala-badan-pangan-arief-prasetyo-adi-jadi-plt-mentan-usai-syahrul-yasin-mundur
Presiden Jokowi memimpin ratas mengenai perniagaan elektronik, Senin (25/09/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. (Sumber: Humas Setkab)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memutuskan menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjadi Plt Menteri Pertanian (Mentan). 

Hal ini mengingat Syahrul Yasin Limpo yang sebelumnya menjadi Mentan resmi mengundurkan diri per Kamis (5/10/2023).

"Penggantinya masih plt, pltnya pak Arief Prasetyo Kepala Badan Pangan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga: Soal Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK terhadap Mentan, Dewas: Belum Tahu, Belum Ada Laporan

Jokowi menjelaskan alasan dirinya menunjuk Arief sebagai Plt Mentan.

"Supaya lebih koordinatif, lebih memudahkan karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan, Mentan ini, Menteri Perdagangan ini selalu harus satu jadi untuk konsolidasi saja biar lebih memudahkan," katanya.  

Jokowi mengaku sudah menandatangani surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo sebagai Mentan.

"Ya, tadi malem saya sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri pak Mentan. Ya sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti dan sudah saya tanda tangan juga," kata Jokowi.

Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan alasan pengunduran dirinya dari jabatan menteri yaitu karena saat ini ada proses hukum yang sedang dihadapinya.

"Alasan saya adalah ada proses hukum yang saya hadapi dan saya harus siap hadapi secara serius," kata SYL didampingi Mensesneg Pratikno dan Menteri LHL Siti Nurbaya Bakar di gedung Kemensetneg, Jakarta, Kamis (5/10/2023).


Surat pengunduran dirinya itu diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Mensesneg Pratikno. Selain itu, SYL juga meminta untuk dijadwalkan bertemu Presiden Jokowi.

Baca Juga: Sahroni Sebut NasDem Tak Sodorkan Nama Baru usai Mentan Syahrul Mundur: Ikut Arahan Presiden

"Saya sore ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan melalui Mensetneg Pak Praktik untuk menyampaikan usul dan pengunduran diri saya sebagai menteri," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x