Kompas TV nasional politik

Kepala Bapanas saat Ditanya Kemungkinan Gantikan Syahrul: Pak Jokowi Pasti Pilih Orang Terbaik

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 08:25 WIB
kepala-bapanas-saat-ditanya-kemungkinan-gantikan-syahrul-pak-jokowi-pasti-pilih-orang-terbaik
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi (tengah) dalam konferensi pers usai rapat dengan topik Integrasi BUMN Bidang Pangan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (06/02/2023). Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pasti akan memilih orang terbaik untuk menggantikan Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian. (Sumber: Setkab.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pasti akan memilih orang terbaik untuk menggantikan Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian. 

Hal itu disampaikan Arief saat ditanya wartawan soal kemungkinan dirinya dipilih Jokowi menggantikan Syahrul. Seperti diketahui, Syahrul mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Mentan usai tersangkut kasus dugaan korupsi. 

"Kita berdoa orang-orang terbaik yang dipilih Pak Presiden di mana pun termasuk kementerian/lembaga dan lain-lainnya," kata Arief di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Kamis (5/10/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Pengunduran diri Mentan terjadi di saat harga beras melambung dan pemerintah tengah berupaya untuk mengendalikannya. Arief menyampaikan, dalam kondisi tersebut, seluruh kementerian dan lembaga harus bekerja sama.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Bansos Beras akan Diperpanjang, Bisa Turunkan Harga 11 Persen

"Jadi waktu kita sekarang untuk hand in hand di seluruh kementerian/lembaga kemudian asosiasi semuanya memang waktunya hand in hand," ujarnya. 

Sementara Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Inti Pertiwi Nashari mengatakan Syahrul memerintahkan kepada staf dan jajarannya untuk menyelesaikan semua program kerja yang sedang bergulir maupun masih dalam perencanaan di Kementerian Pertanian.

Hal itu disampaikan saat Mentan bertemu dengan para jajarannya di Kementan, Rabu (5/10). 

"Hanya membahas program saja, semua harus tercapai," ucap Inti, seperti dikutip dari Antara

Ia menuturkan, semua staf ahli menteri dan jajaran di Kementan diminta hadir untuk mendengarkan pesan dari Mentan dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu. 

Baca Juga: Soroti KPK Tangani Kasus Korupsi Kementan, Advokat Senior: Perang Setengah Hati

Inti menyebut tidak ada pembahasan siapa pengganti Mentan dalam pertemuan itu. 

"Tidak ada, hanya (mendengarkan) arahan bapak sebagai menteri," sebutnya. 

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Sekretariat Negara telah menerima surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo sebagai Mentan di Kabinet Indonesia Maju. 

Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Partikno menjelaskan, pihaknya akan segera menyerahkan surat pengunduran diri Syahrul kepada Presiden Jokowi. 



Sumber : Kompas.tv, Kompas.com, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x