Kompas TV nasional politik

Megawati Masih di Luar Negeri, Hasto Atur Jadwal Pertemuan Kaesang dengan Ketum PDIP

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 06:45 WIB
megawati-masih-di-luar-negeri-hasto-atur-jadwal-pertemuan-kaesang-dengan-ketum-pdip
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Selasa (3/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah mengirim surat ke DPP PDI Perjuangan untuk permohonan bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan pihaknya telah menerima surat dari DPP PSI untuk permohonan audiensi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Pihaknya juga sudah menghubungi Sekjen PSI Raja Juli Antoni untuk mengatur jadwal pertemuan. Sebab, saat ini Megawati sedang berada di luar negeri.

Adapun Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tengah berada di Malaysia untuk menerima gelar doktor honoris causa (HC) ke-10 dari Universitas Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia. 

"Karena surat itu ditujukan kepada Ketum PDIP, maka kami akan sampaikan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri yang saat ini masih berada di Malaysia," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: Kaesang Ungkap Segera Ketemu Ketum PDIP dan Ketum Gerindra

Terkait adanya peluang kerja sama PSI dengan PDIP untuk Pilpres 2024, Hasto menilai hal tersebut tidak ada dalam surat resmi yang dikirim DPP PSI. 

Menurut Hasto jika nantinya PSI ingin ikut bergabung mengusung dan mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, hal tersebut diserahkan kepada ketua umum partai masing-masing.

Namun, yang terpenting saat ini, surat pertemuan Kaesang dengan Megawati disampaikan langsung ke Megawati.

"Ya, disampaikan itu kepada Ketua Umum, kepada Yang Terhormat Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri. Jadi saya sampaikan kepada beliau," ujar Hasto.

Sebelumnya, setelah ditunjuk sebagai Ketua Umum PSI, Kaesang berencana bersilaturahmi ke partai-partai lain. 

Baca Juga: Wacana Jokowi Gantikan Megawati Jadi Ketum PDIP, Ini Kata Pengamat dan Sekjen PDIP

Pihak yang masuk agenda prioritasnya yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Untuk Prabowo, Kaesang sudah mendapatkan undangan langsung dari sang Ketua Umum Gerindra untuk berkunjung ke Padepokan Garuda Yaksa, kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan untuk bertemu Megawati, Kaesang menyatakan diri secara langsung akan menemui Megawati untuk mendapat masukan. 

"Pokoknya, dari kami (PSI), saya sudah bilang Pak Sekjen (Raja Juli Antoni) mau sowan ke PDI Perjuangan," ujar Kaesang saat mengikuti car free day di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Minggu (1/10/2023).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x