Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Raih Honoris Causa ke-10: Saya Ingin Menginisiasi Generasi Muda, Jangan Merasa Tidak Bisa

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 15:55 WIB
megawati-raih-honoris-causa-ke-10-saya-ingin-menginisiasi-generasi-muda-jangan-merasa-tidak-bisa
Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor kehormatan di bidang Ilmu Sosial dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia. (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV- Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri berharap atas capaian yang diperolehnya hingga 10 gelar doktor honoris causa dari berbagai kampus dapat menginspirasi generasi muda untuk pantang menyerah.

Demikian Megawati dalam keterangannya usai upacara penganugerahan gelar doktor honoris causa bidang ilmu sosial dari Universiti Tun Abdul Rahman (UTAR), Selangor, Malaysia pada Senin (2/10/2023).

“Saya sebenarnya ingin menginisiasi generasi muda, baik laki maupun perempuan, untuk jangan lelah, jangan merasa tidak bisa,” kata Megawati.

Megawati menuturkan situasi politik di orde baru mengakibatkan dirinya tidak dapat melanjutkan kuliah secara formal.

Hal tersebut membuatnya banyak belajar sendiri atau secara otodidak.

Baca Juga: PDIP Lirik Gibran Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Hasto: Mbak Puan Juga Menyampaikan

“Honoris causa itu sebenarnya sebuah penghormatan yang diberikan pada orang-orang yang telah melakukan suatu hal secara ilmiah, jadi bukan hanya teori, tapi juga dalam pelaksanaannya (praktik,red),” kata Megawati.

Diungkap Megawati, saat ini ada 4 gelar lagi sedang menunggu, bersama dua gelar profesor kehormatan.

Mega mengaku merasa sangat terhormat sehingga bisa mendapat honoris causa karena untuk mendapatkan penghargaan ini tidak mudah.

Dalam kesempatan tersebut, President of UTAR, Prof. Dato’ Dr. Ewe Hong Tat menyatakan rasa bangga dan besar hati karena dapat menyumbangkan ijazah terhormat kepada Megawati.

“Ini memang suatu kejayaan yang kami merasa di mana DR Hajjah Megawati telah banyak menyumbangkan kepada negara Indonesia dan negara Malaysia dan serantau Asean,” kata Dato' Dr. Ewe Hong Tat.

Baca Juga: Megawati ke Malaysia, Terima Gelar Doktor Kehormatan ke-10 dan Bertemu Datuk Seri Anwar Ibrahim

“Kami merasa apa yang dia lakukan untuk menolong orang ramai, rakyat semuanya memang suatu tanda yang bagus untuk semua, kita supaya bekerja keras dan belajar, supaya dapat berjasa dan juga menyumbang kepada masyarakat dan negara sendiri.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x