Kompas TV nasional politik

PDIP Lirik Gibran Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Hasto: Mbak Puan Juga Menyampaikan

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 13:15 WIB
pdip-lirik-gibran-jadi-cawapres-ganjar-pranowo-hasto-mbak-puan-juga-menyampaikan
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (27/7/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengaku melirik Gibran Rakabuming Raka sebagai kandidat bakal calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto di sela penutupan Rapat Kerja Nasional ke-4 PDI-P, Minggu (1/10/2023).

“Ya, Mbak Puan juga menyampaikan, ikut melirik (Gibran Rakabuming Raka -red) juga,” ucap Hasto Kristiyanto.

Dalam internal PDI-P, Hasto menuturkan kaderisasi terus berjalan dan dilakukan dievaluasi untuk penugasan yang diberikan.

Nantinya, jika tugas yang diberikan dinilai berhasil dan sejalan dengan ideologi, platform serta kebijakan partai maka akan diberikan tugas selanjutnya.

Baca Juga: Politikus PKS: Di Koalisi Pemerintahan Ada Pimpinan Partai "Dikalungi Kasus" Bom Waktu di Lehernya

“Setelah penugasan ada evaluasi, kemudian ada penugasan lebih lanjut lagi kalau dinilai mampu menjalankan ideologi dan platform serta kebijakan strategis partai. Itu suatu proses yang biasa dilakukan,” kata Hasto.

Hingga saat ini, PDI-P memang belum mengumumkan siapa nama cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Sikap terbaru yang justru ditegaskan PDI-P adalah menolak untuk menjadikan Ganjar Pranowo sebagai cawapres Prabowo Subianto. Menang dua kali dalam Pilpres 2014 dan 2019 yang mengantarkan Joko Widodo sebagai presiden, PDI-P bersikuat mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.


Peta terakhir dalam politik jelang Pilpres 2024, Ganjar Pranowo memiliki kekuatan dari PDI-P, PPP, Perindo, dan Hanura. Ganjar akan menghadapi dua pasangan di Pilpres 2024, pertama pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diperkuat Partai NasDem, PKB, dan PKS.

Baca Juga: Megawati ke Malaysia, Terima Gelar Doktor Kehormatan ke-10 dan Bertemu Datuk Seri Anwar Ibrahim

Kedua, Prabowo Subianto yang juga belum menetukan cawapres. Prabowo diperkuat oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai PAN, Partai Demokrat, dan Partai Gelora.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x