Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Indikator: Erick Thohir dan Khofifah Bersaing dalam Bursa Cawapres Piihan Warga Jatim

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 23:45 WIB
survei-indikator-erick-thohir-dan-khofifah-bersaing-dalam-bursa-cawapres-piihan-warga-jatim
Kolase Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menko Polhukam Mahfud MD bersaing dalam bursa cawapres pilihan warga Jawa Timur (Jatim) menurut hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia.

Dalam simulasi 19 nama semi terbuka, elektabilitas Erick tercatat sebesar 17,2 persen. Disusul Khofifah (15,1 persen), dan Mahfud (11,5 persen).

Baca Juga: Survei Indikator Politik di Jatim: Ganjar 43,9 Persen, Prabowo 33,8 Persen, Anies 14,4 Persen

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di posisi keempat dengan 9,2 persen. Disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan 7,1 persen. 

Adapun yang menjawab tidak tahu/tidak menjawab sebanyak 15,2 persen.

Nama-nama lain yang juga masuk dalam simulasi tersebut adalah Gibran Rakabuming Raka, Muhaimin Iskandara atau Cak Imin, Agus Harimurti Yudhoyono, Andika Perkasa, Yenny Wahid.

Kemudian Susi Pudjiastuti, Airlangga Hartarto, Gatot Nurmantyo, Sri Mulyani, Salim Segaf Al-Jufri, Puan Maharani, Moeldoko, Zulkifli Hasan, dan Tito Karnavian.

Survei menunjukkan, dari 96,6 persen responden beragama Islam, sebanyak 16,8 persen memilih Erick, 15,6 persen memilih Khofifah, dan 11,4 persen memilih Mahfud. Adapun responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 15,2 persen.

Sementara dari 79,9 persen responden yang dekat dengan Nahdlatul Ulama (NU), 16,9 persen memilih Khofifah, 16,1 persen memilih Erick, dan 11,5 persen memilih Mahfud. Yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 14 persen.

Dari 3,7 persen responden yang dekat dengan Muhammadiyah, 19,9 persen memilih Erick, 9,0 persen memilih Mahfud, dan 8,3 persen memilih Khofifah. Yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 22,2 persen.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.