Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Yakin Ganjar Bisa Menjalankan Perintah Jokowi soal Kedaulatan Pangan

Kompas.tv - 30 September 2023, 05:23 WIB
ppp-yakin-ganjar-bisa-menjalankan-perintah-jokowi-soal-kedaulatan-pangan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk rapat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/6/2023) untuk membahas penataan Kawasan Borobudur. (Sumber: Kompas TV/Setpres) 
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meyakini  bakal capres Ganjar Pranowo bisa menjalani perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ihwal kedaulatan pangan bila terpilih menjadi Presiden ke-8 RI nanti. 

Hal ini merespons bisikan Presiden Jokowi kepada Ganjar di Rakernas IV PDIP yang bisa langsung kerja kedaulatan pangan setelah dilantik.

"PPP yakin Mas Ganjar akan mampu mengatasi atau menyelesaikan masalah kedaulatan pangan agar ketahanan pangan tetap terjaga karena bangsa Indonesia yang gemah ripah loh jinawi memiliki sumber daya alam yang luar biasa dibandingkan negara lain di dunia, namun belum dikelola secara maksimal," kata Juru Bicara DPP PPP Donnie Tokan kepada Kompas TV, Jumat (29/9/2023). 

Baca Juga: Bisiki Capres soal Program yang Harus Dilakukan Setelah Pelantikan Kelak, Jokowi: Pak Ganjar Mampu

Donnie menjelaskan, Plt Ketua Umum PPP Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan dipastikan akan membantu Ganjar dengan pengalaman yang telah dimilikinya. 

"Presiden RI Bapak Jokowi juga meminta agar Mas Ganjar setelah dilantik menjadi Presiden nanti di tahun 2024 yang akan datang langsung membenahi masalah kedaulatan pangan agar rakyat Indonesia makmur dan kelak menjadi lambang supremasi pangan dunia," kaatanya.

Donnie menambahkan, keputusan partainya berkoalisi dengan Ganjar karena memang cita-cita yang sama, yaitu Indonesia harus berdaulat di sektor pangan.

"Kami meyakini bahwa Mas Ganjar kelak terpilih menjadi Presiden 2024 akan mampu menyelesaikan masalah fundamental terkait masalah kedaulatan angan menuju ketahanan pangan bangsa Indonesia," katanya. 

Sebelumnya, Jokowi telah membisiki Ganjar tentang program yang harus dilaksanakan setelah ia dilantik.

Penjelasan Jokowi tersebut disampaikan saat ia memberikan sambutan dalam Rapat Kerja nasional (Rakernas) PDIP ke-4, Jumat (29/9/223).

Dalam sambutannya, Jokowi membahas tentang dampak sejumlah kejadian terhadap ketersediaan pangan, mulai dari  kemarau panjang hingga perang di Ukraina.

Jokowi mengaku dirinya setuju dengan apa yang telah disampaikan oleh Megawati Soekarnoputri dan Ganjar Pranowo dalam sambutan mereka sebelumnya.

“Lebih setuju lagi apa yang disampaikan oleh calon pesiden, Pak Ganjar Pranowo,” kata Jokowi.

Baca Juga: Momen Kompak Jokowi dan Ganjar Gandeng Tangan Megawati Turun Panggung di Rakernas PDIP

“Tadi saya bisik-bisik ke beliau, ‘Pak, nanti habis dilantik besoknya langsung masuk ke kedaulatan pangan, nggak usah lama-lama, perencanannya disiapkan sekarang, begitu dilantik besok langsung masuk ke kerja kedaulatan pangan’,” urainya disambut tepuk tangan para peserta yang hadir.


 

Jokowi menambahkan, swasembada dan kedaulatan pangan merupakan sesuatu yang benar-benar harus dimiliki oleh Bangsa Indonesia.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.