Kompas TV nasional politik

Kaesang Ketum PSI (II): Metamorfosis Sang Putra Bungsu

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 09:05 WIB
kaesang-ketum-psi-ii-metamorfosis-sang-putra-bungsu
Baliho yang dipasang PSI berisi dukungan untuk Kaesang Pangarep maju jadi Wali Kota Depok. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, sebelum diangkat menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sempat jadi sorotan setelah menyatakan siap menjadi "Depok Pertama" alias wali kota depok. 

Kala itu, PSI memasang baliho ukuran besar di Depok bergambar wajah Kaesang dan bunga mawar. Namun, Presiden Jokowi memastikan bahwa putra bungsunya itu tidak akan maju dalam Pemilihan Wali Kota Depok 2024.

"Enggak (maju Pilwakot). Dia mau jualan pisang, jadi enggak benar dia mau jadi wali kota," papar Jokowi saat bertemu pemimpin redaksi 19 media di Istana Negara, Kamis (10/8/2023).

Jualan pisang adalah salah satu usaha yang dirintis Kaesang dengan merek "Sang Pisang".

Dalam usia yang relatif muda kala itu, 23 tahun, usaha ini didirikan pada 2017 silam. Dengan modal awal 15 Juta, gerai pertama didirikan di Cempaka Mas Jakarta Pusat.

Baca Juga: Segera Nikahi Erina Gudono, Ini 7 Sumber Kekayaan Kaesang dari Sang Pisang hingga Dirut Persis Solo

Memasuki bulan ketiga, Sang Pisang memiliki lima gerai di wilayah Jakarta. Dalam soft opening gerai kelima, Sang Pisang menempel dengan gerai Markobar Cabang Cikini milik kakaknya, Gibran Rakabuming.

Selain jualan pisang, Kaesang juga dikenal dengan usaha Ternakkopi, yang dikembangkan bersama kakaknya, Gibran Rakabuming, pada Mei 2019 lalu.

Sebelum pandemi Covid-19, Ternakopi memiliki sekitar 40 toko yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Namun, Kaesang mengaku bisnis ini telah tutup akibat tak banyak pelanggan.

Masih soal kuliner, pada 11 Desember 2017, Kaesang meluncurkan aplikasi "Madhang".

Aplikasi ini khusus untuk mempertemukan ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Namun kabar terakhir, usaha yang bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini sudah tidak beroperasi. 

Dalam bidang olahraga, terutama sepak bola, Kaesang menjadi pemilik klub Liga 2 Indonesia, Persis Solo.

Pemilik baru Persis Solo diresmikan di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Persis Solo Saestu (PSS) sebagai pihak yang menaungi kubu Liga 2 tersebut.

Diumumkan bahwa Kaesang Pangarep kini mempunyai 40 persen saham Persis Solo. Kevin Nugroho memiliki 30 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir memiliki 20 persen yang diumumkan Sabtu (20/3/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x