Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei SMRC Simulasi di Jatim: Ganjar 44 %, Prabowo 23%, Anies Baswedan 14,2 %

Kompas.tv - 28 September 2023, 15:49 WIB
survei-smrc-simulasi-di-jatim-ganjar-44-prabowo-23-anies-baswedan-14-2
Kolase foto Ganjar Pranowo (kiri) dan Anies Baswedan. Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC simulasi pemilihan tertutup di Jawa Timur, Ganjar mendapat suara tertinggi dengan 44 suara. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO-GARRY LOTULUNG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC melakukan simulasi pemilihan tertutup di Jawa Timur terhadap tiga bakal calon presiden Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

Hasilnya, Ganjar mendapatkan suara yang paling tinggi di Jawa Timur, dengan raihan 44 persen suara, kemudian disusul Prabowo dan Anies.

"Pilihan pertama Ganjar Pranowo 44 persen, Prabowo Subianto 23 persen, Anies Baswedan 14,2 persen, dan sisanya 18,8 menyatakan belum tahu akan memilih siapa," kata Pendiri SMRC, Saiful Mujani saat memaparkan hasil survei di kanal Youtube SMRC TV, Kamis (28/9/2023).

Dalam simulasi suara tersebut, kata dia, Anies cenderung tidak banyak berbeda dan bahkan lebih rendah dari tingkat nasional.

"Kalau dilihat dari sini, nampaknya suara Anies ini tidak banyak berbeda dengan suara Anies di tingkat nasional, bahkan lebih rendah cenderung," ujarnya.

"Jadi di survei nasional sebelumnya kita menemukan angka di kisaran 16-17 persen, sekarang 14 persen, jadi tidak berbeda secara signifikan," sambunnya.

Sementara  deklarasi Anies dengan bakal calon wakil presidennya Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tak membuat suaranya menguat di Jawa Timur.

Baca Juga: Bila Sandiaga Tak Dipilih Jadi Bakal Cawapres Ganjar, PPP Titip Pesan Ini ke Megawati

"Artinya di Jawa Timur, di mana deklarasi itu (Anies-Cak Imin) terjadi, tidak membuat Anies Baswedan menguat. Kira-kira untuk sementara ini di hasil survei 2 September-11 September 2023," ucapnya.

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan secara tatap muka pada 2 September 2023, persis saat deklarasi Anies-Cak Imin (AMIN) dilakukan. Survei berlangsung hingga 11 September 2023.

Seperti diketahui, sejauh ini terdapat tiga bacapres yang telah didukung partai politik.

Mereka adalah Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), di mana partai pendukungnya yakni Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, Gelora, PBB, dan Garuda.

Kemudian Ganjar Pranowo yang didukung parpol PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.

Serta Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), dengan tiga parpol dari parlemen yang mendukungnya yakni Partai Nasdem, PKB, dan PKS.


 

Namun, di antara ketiga bacapres tersebut, baru Anies yang telah memiliki bakal calon wakil presiden atau bacawapres, yakni Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Baca Juga: Jokowi Bicara Pilpres 2024: Beda Pilihan Itu Wajar, Mau Pilih Prabowo, Anies atau Ganjar, Silakan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x