Kompas TV nasional rumah pemilu

Update, Politikus Gerindra Ungkap 6 Bakal Cawapres Prabowo: Ada Mahfud dan Gibran

Kompas.tv - 28 September 2023, 08:36 WIB
update-politikus-gerindra-ungkap-6-bakal-cawapres-prabowo-ada-mahfud-dan-gibran
Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra Ahmad Riza Patria (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan daftar nama yang masuk ke dalam jajaran bakal cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Riza mengatakan, saat ini terdapat enam nama yang diusulkan dan dibahas bersama partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju atau KIM. 

Adapun KIM itu terdiri dari KIM terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Garuda dan Gelora. 

Baca Juga: Sekjen PBB: Selain Yusril, Kami Usul Gibran Jadi Bakal Cawapres Prabowo

Keenam nama itu ialah Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Waketum Partai Golkar Ridwan Kamil, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Menko Polhukam Mahfud MD. 

"Partai Golkar usulkan Airlangga, PAN usulkan Erick, PBB usulkan Yusril. Ada juga nama Ridwan Kamil, Gibran, Mahfud. Semua punya kesempatan yang sama," kata Riza kepada wartawan, Rabu (27/9/2023). 

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini membantah kalau dari keenam nama itu Gibran memiliki kans yang paling besar untuk dipilih dari yang lainnya. 

"Kans Gibran sama dengan cawapres lainnya yang diusulkan parpol, seperti Airlangga, Erick, Yusril dan calon lainnya. Semua punya kesempatan yang sama." 

Menurut dia, daftar sosok yang masuk ke dalam calon pendamping Prabowo itu mempunyai rekam jejak yang baik. Oleh sebab itu, publik diminta untuk bersabar menunggu pilihan Prabowo bersama ketum di KIM.

"Tidak ada yang dominan. Semua calon baik. Kita tunggu saja keputusan Prabowo dan ketum partai nanti keputusan bersama. Prabowo akan bijak dan demokratis," katanya. 


Sebelumnya Erick Thohir tidak mau tergesa-gesa menyatakan siap menjadi bakal cawapres di Pilpres 2024. Erick yakin kalau jodoh pasti bertemu, baik untuk bakal capres Prabowo Subianto maupun bakal capres Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan Erick Thohir saat dikonfirmasi Jurnalis KOMPAS TV Dipo Nurbahagia, Rabu (20/9/2023).

“Terlalu dini kalau bilang siap-siap, enggak ada. Yang saya sudah sampaikan, percayalah kayak lagunya Afgan, kalau jodoh pasti bertemu. Itu saja kan,” ucap Erick Thohir sambil tersenyum.

Sementara Yusril menyatakan dirinya akan tetap mendukung ketua umum Partai Gerindra itu di pesta demokrasi nanti, meski tak dipilih menjadi pendampingnya. 

Baca Juga: Prabowo dan Megawati Duduk Semeja, Ganjar Senang: Mudah-mudahan Bicara Hal Baik untuk Bangsa

”Oleh para kader PBB, saya disarankan jadi cawapres. Kalau iya Alhamdulillah, kalau tidak, Alhamdulillah juga. PBB tak akan neko-neko, kita akan istiqomah berada di jalan lurus bersama Pak Prabowo,” kata Yusril dalam keterangannya, Minggu (10/9/2023). 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x