Kompas TV nasional rumah pemilu

Politikus PAN: Apakah Megawati Restui Ganjar Jadi Bakal Cawapres Prabowo?

Kompas.tv - 25 September 2023, 08:57 WIB
politikus-pan-apakah-megawati-restui-ganjar-jadi-bakal-cawapres-prabowo
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Saleh Daulay mengatakan, rencana duet Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan bakal capres Ganjar Pranowo akan terganjal restu dari Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri.

Menurut dia, Megawati sepertinya kurang setuju bila Ganjar menjadi bakal cawapres dari Prabowo di Pilpres 2024 mendatang. 

"Saya bertanya lagi apakah mungkin Ganjar bersedia untuk menjadi wakil presiden dari Prabowo. Kemudian apakah Megawati memberikan restu kepada Prabowo untuk menjadi capresnya dan Ganjar sebagai cawapresnya," kata Saleh kepada wartawan, Senin (25/9/2023). 

Baca Juga: Kata OSO Hanura soal Pasangan Ganjar dan Prabowo di Pilpres 2024

"Kalaupun misalnya ini akan terjadi, katakanlah Prabowo (bakal) capres, Ganjar sebagai (bakal) cawapres pertanyaannya adalah apakah kader dari PDIP akan setuju dengan sikap politik seperti itu," sambungnya.

Ia menyatakan, pihaknya bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum pernah membahas rencana duet tersebut. 

Adapun KIM itu terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Gelora.

"Yang jelas kami di KIM belum ada membicarakan soal itu. Justru itu isu yang muncul dari luar, dari partai tertentu, ada pengamat yang juga berspekulasi. Kami tetap menghormati capres-capres yang muncul," ujarnya. 

Ia menyebut, isu-isu yang berkembang saat ini seharusnya bisa diselesaikan secara internal. Sebab, sejauh ini poros koalisi Prabowo solid mendukung sebagai bakal capres.

"Kita berharap bahwa isu-isu yang berkembang sepertu itu bisa diselesaikan di internalnya," kata Saleh.


Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku belum terpikirkan untuk menduetkan ketua umumnya, Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: Ditanya soal Pengumuman Cawapres, Ganjar Pranowo Beri Bocoran

"Sehingga nanti kalau pertanyaanya apakah mungkin atau tidak, justru saya belum kepikiran sampai di situ (menduetkan Prabowo dengan Ganjar)," kata Dasco di gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x