Kompas TV nasional rumah pemilu

NasDem Sebut Semakin Banyak Pasangan Calon di Pilpres 2024 akan Makin Baik untuk Demokrasi

Kompas.tv - 21 September 2023, 07:05 WIB
nasdem-sebut-semakin-banyak-pasangan-calon-di-pilpres-2024-akan-makin-baik-untuk-demokrasi
Gus Choi dalam Kompas Petang, Rabu (20/9/2023) menyebut Partai NasDem sebagai pengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai capres-cawapres mengaku siap berkompetisi dengan siapa pun. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie menilai semakin banyak pasangan yang berkontestasi di Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024 akan semakin baik dalam konteks demokrasi.

Hal itu disampaikan oleh Gus Choi, sapaan akrabnya, menjawab pertanyaan mengenai apakah dua poros dalam Pilpres 2024 akan menguntungkan atau merugikan NasDem.

Menurut Gus Choi, dua poros dalam Pilpres 2024 merupakan wacana pribadi, dan semua pihak boleh saja berwacana.

“Pertama, itu wacana pribadi, boleh saja berwacana, wacana berapa pun boleh saja, tapi real politiknya seperti apa, karena kadang wacana tidak sesuai dengan real politik,” jelasnya dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (20/9/2023).

Real-nya sekarang adalah NasDem telah berkoalisi dengan PKB dan PKS, pasangannya Anies dan Cak Imin, itu fakta, itu real politiknya, ini tinggal daftar.”

Kemudian, lanjut dia, mengenai untung rugi dua poros dalam pilpres, Gus Choi menyebut jika dalam konteks demokrasi, semakin banyak pilihan pasangan calon akan semakin bagus.

Baca Juga: Waketum PKB Prediksi Hanya Ada 2 Poros di Pilpres, Begini Tanggapan PPP dan Gerindra

“Lalu untung ruginya seperti apa? Kalau dari perspektif demokrasi, maka rakyat semakin banyak pilihan, semakin baik. Dalam perspektif anggaran, tentu saja itu lebih banyak, mungkin lebih besar.”

“Dalam perspektif lain-lain, misalnya gemuruh gaduh, ya itu bagian dari risiko dalam sebuah demokrasi. Jadi, tinggal kita melihatnya dari sisi mana,” tambahnya.

Saat ditanya, NasDem akan memilih yang mana, Gus Choi mengatakan NasDem lebih memilih banyak paslon.

“NasDem tentu saja memilih rakyat harus punya banyak pilihan. Kalau memungkinkan bisa empat (paslon), kenapa tidak?” tuturnya.

“Kalau mungkin, lebih dari itu. Cuma kan dari berbagai persyaratan kan tetap terbatas, kan harus 20 persen, begitu kan, sehingga ketika terkumpul, paling banyak ada empat.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x