Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies, Ganjar dan Prabowo Blak-blakan Ungkap Dana Kampanye Pilpres 2024: Donasi hingga Jual Aset

Kompas.tv - 20 September 2023, 18:52 WIB
anies-ganjar-dan-prabowo-blak-blakan-ungkap-dana-kampanye-pilpres-2024-donasi-hingga-jual-aset
Kolase tiga bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024, (dari kiri ke kanan) Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga bakal calon presiden di Pilpres 2024 blak-blakan mengungkap asal muasal dana kampanye untuk Pilpres 2024. 

Rata-rata, ketiganya mengusung penggalangan dana mulai dari masyarakat hingga ke tingkat pengusaha. 

Anies Baswedan

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan mendorong agar penggalangan dana dilakukan di tingkat relawan.

Namun, uang yang terkumpul bukan buat menutupi dana kampanye pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Dana tersebut dikembalikan ke relawan untuk melaksanakan kegiatan memenangkan pasangan capres-cawapres.

Di sisi lain, Anies menyebut pihaknya juga banyak diberi bantuan, tetapi bukan berbentuk uang. Semisal dipinjamkan kantor, mobil operasional, hingga penggajian para staf di sekretariat oleh orang atau perusahaan yang membantu.

Baca Juga: Anies Beri Skor 5 untuk Kebebasan Berpendapat di Indonesia, Kembali Singgung 'Wakanda'

Hal ini dinilai cukup untuk mengurangi beban dana kampanye yang besar. 

Anies mengaku anggaran yang paling tinggi akan keluar saat menjelang kegiatan kampanye. Untuk menyiasati alat peraga kampanye, timnya akan menyediakan konten kampanye sehingga masyarakat dan relawan bisa mencetak sendiri. 

"Kami tidak mencetak, kami menyediakan kontennya, dan kami minta kepada semua, bila Anda percaya kepada apa yang kami kerjakan dan rencanakan, bantu kami melakukan perubahan di negeri ini. Karena tidak mungkin kami kerjakan sendirian," ujar Anies di acara 3 Bakal Capres Bicara Gagasan di Grha Saba Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

Anies mengaku sejauh ini pihaknya telah mendapat bantuan dari pengusaha tingkat menengah, tapi bantuan yang diberikan, lagi-lagi bukan berupa uang, melainkan barang. 

Menurutnya, tidak ada pengusaha besar yang berani mendekat untuk memberi bantuan, lantaran takut akan diperiksa oleh alat negara. 

Baca Juga: Ganjar dan Prabowo Belum Umumkan Bacawapres, Isu Dua Poros di Pilpres 2024 Mencuat!

"Kami mengalami pengusaha yang bertemu dengan kami, sesudah itu mereka mengalami pemeriksaan pajak dan pemeriksaan lain. Apa yang mereka kerjakan bukan buat bantu saya. Mereka membantu relawan, membantu untuk ada acara, dan mereka biaya di daerah masing-masing, bukan di tempat kita," ujar Anies. 

Ganjar Pranowo

Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menjelaskan dirinya tidak terlalu memikirkan dana kampanye di Pilpres mendatang. Lantaran, hal itu disebutnya merupakan bagian tugas dari partai politik.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x