Kompas TV nasional rumah pemilu

Beda dengan Megawati yang Sempat Usul Bubarkan KPK, Ganjar Pranowo Bertekad Kuatkan KPK

Kompas.tv - 20 September 2023, 06:15 WIB
beda-dengan-megawati-yang-sempat-usul-bubarkan-kpk-ganjar-pranowo-bertekad-kuatkan-kpk
Bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo dalam dialog 3 Bacapres Bicara Gagasan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (19/9/2023). Ganjar Pranowo bertekad untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube UGM.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden dari PDI-P, Ganjar Pranowo bertekad untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bukan dibubarkan.

Hal ini disampaikannya ketika ditanya pendapatnya ihwal Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang sempat mengusulkan agar KPK dibubarkan.

"(KPK) Sepakat dikuatkan," kata Ganjar dalam dialog "3 Bacapres Bicara Gagasan" di Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (19/9/2023).

Bahkan, eks Gubernur Jawa Tengah ini juga tak menutup kemungkinan untuk merevisi kembali Undang-undang KPK.

"Harus saya jawab untuk kali ketiga. Satu, dikuatkan. Dua, revisi regulasi," ujarnya.

Menurutnya, revisi aturan itu perlu pengakuan politik, salah satunya di parlemen. Baginya, peran parlemen itu sangat sentral untuk merevisi aturan tersebut.

"Orang boleh sinis soal parlemen, tetapi ilmu paling dasar check and balance system dalam trias politika itu ada. Para ilmuwan pendahulu sudah melakukan itu. Maka yudikatifnya yang akan melakulan, tetapi yang memproduksi regulasi adalah parlemen," ucap Ganjar.

Baca Juga: Tanggapi Pertanyaan Mahasiswa UI, Ini Jawaban Santai Ganjar Soal Petugas Partai!

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menekankan penguatan sistem tidak hanya perlu dilakukan kepada KPK, namun juga Kejaksaan dan Kepolisian sebagai aparat penegak hukum.


Diberitakan sebelumnya, Megawati Soekarnoputri mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membubarkan KPK.

Usulan tersebut disampaikan sebagai ungkapan kejengkelan Megawati, lantaran menurutnya kehadiran KPK tidak efektif dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, 'sudah deh, bubarkan saja KPK itu, Pak, menurut saya enggak efektif'," kata Megawati (21/8).

Megawati mengaku gemas melihat penegakan hukum di Indonesia yang tidak berjalan dengan baik.

"Lihat noh rakyat yang masih miskin, ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga, bohong kalau enggak kelihatan," ujar Mega.

"Persoalannya, penegak hukumnya mau tidak menjalankan hukum di Indonesia ini yang sudah susah payah saya buat.”

Baca Juga: PPP Sebut Mahfud MD dan Sandiaga Bakal Cawapres Terkuat Ganjar Pranowo

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x