Kompas TV nasional peristiwa

Kata Warga yang Ikut Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Tak Ada Guncangan, Perjalanan 47 Menit

Kompas.tv - 16 September 2023, 17:50 WIB
kata-warga-yang-ikut-uji-coba-kereta-cepat-jakarta-bandung-tak-ada-guncangan-perjalanan-47-menit
Kondisi di dalam kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Sabtu (16/9/2023). Masyarakat dari komunitas dan warga Halim yang terdampak pembangunan ikut menjajal uji coba opersional KCJB. (Sumber: Kompas.com/Firda Janati)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)diikuti oleh sejumlah warga yang telah terdaftar, Sabtu (16/9/2023). Warga yang ikut berasal dari komunitas dan warga yang rumahnya terdampak penggusuran pembangunan kereta cepat.

Pada uji coba kali ini, kereta cepat berangkat dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, menuju Stasiun Tegalluar, Cileunyi, Bandung. Pukul 13.00 WIB, warga sudah mulai berdatangan dan melakukan registrasi ulang.

Mohamad Ferdi (23) dari Komunitas Railfans (RF) Wilayah 1D Serang Banten mengaku senang mendapat kesempatan untuk ikut uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca Juga: Pendaftaran Uji Coba Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibuka Hari Ini, Bisa Cek Situs Berikut

“Saya biasanya juga naik kereta (ke Bandung). Perasaannya sangat senang karena bisa menjajal untuk pertama kalinya sebagai masyarakat umum,” ucap dia, Sabtu.

Penumpang yang sudah melakukan registrasi ulang dan verifikasi data diarahkan untuk naik eskalator ke area lobi untuk menunggu keberangkatan kereta.


 

Beberapa warga asyik berfoto ria sebari menunggu kereta berangkat. Pada 13.30 WIB, penumpang menuju peron satu menggunakan eskalator dan tangga manual.

Di dalam kereta, penumpang bebas memilih tempat duduk. Kereta Cepat Jakarta-Bandung menyediakan dua formasi kursi, yakni tiga dan dua orang.

Pukul 13.58 WIB, kereta berangkat. Perjalanan hanya memakan waktu 47 menit. Kereta tiba di Stasiun Tegalluar pada pukul 14.45 WIB.

Kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai puncak di angka 350 kilometer per jam. Angka tersebut jauh lebih tinggi ketimbang kecepatan perjalanan kereta api reguler yang maksimal 120 kilometer per jam.

Baca Juga: Jajal Kereta Cepat Jakarta Bandung, Raffi Ahmad hingga Vino G Bastian Ngaku Bangga

Dandi, salah satu warga yang ikut uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung mengatakan bahwa kereta cepat ini cukup nyaman dinaiki meski bergerak sangat cepat.

“Keren banget, enggak terasa guncangannya. Pokoknya aman banget,” ujar Dandi.

Penumpang diberikan waktu 15 menit untuk beristirahat menikmati pemandangan di Stasiun Tegalluar sebelum melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Stasiun Halim.

Waktu tempuh dari Bandung ke Jakarta juga sama, yakni sekitar 47 menit.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x