Kompas TV nasional hukum

Kapolri Tambah 4 SSK ke Pulau Rempang, Langah Persuasif Tetap Jadi Utama

Kompas.tv - 14 September 2023, 22:10 WIB
kapolri-tambah-4-ssk-ke-pulau-rempang-langah-persuasif-tetap-jadi-utama
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (8/9/2023) menyebut siap mengawal proses pengembalian aset negara berupa lahan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) maupun potensi pidana yang muncul. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mabes Polri mempertebal personel untuk mencegah aksi susulan warga Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau yang menolak direlokasi.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan penambahan pasukan ini akan mengikuti eskalasi ancaman yang terjadi. 

Saat ini sudah disiapkan empat satuan setingkat kompi (SSK) yang akan ditugaskan untuk mencegah warga kembali mengelar aksi demonstrasi menolak direlokasi. 

Adapun rencananya Pulau Rempang akan dibangun kawasan industri, jasa, dan pariwisata dengan nama Rempang Eco City.

Meski ada penambahan anggota ke Pulau Rempang, Listyo memastikan Polri bakal mengedepankan tindakan bersifat persuasif, sebagaiman instruksi Presiden Joko Widodo. 

Baca Juga: [FULL] Kapolri Listyo Jelaskan Kronologi Bentrok di Pulau Rempang

"Prioritas utama yang kita lakukan adalah memperkuat sosialisasi kepada masyarakat yang akan direlokasi," ujar Listyo, Kamis (14/9/2023).

"Tentunya kekuatan personel saat ini terus kita tambah ada kurang lebih 4 SSK sampai hari ini yang kita tambahkan dan ini akan terus kita tambah disesuaikan dengan eskalasi ancaman yang terjadi," sambung Listyo. 

Kapolri menilai demo warga yang menolak relokasi menimbulkan konflik antara masyarakat dan pihak berwenang.

Menurutnya pihak berwenang sudah melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan Rempang Eco City.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x