Kompas TV nasional rumah pemilu

Golkar Sebut Megawati Tawarkan Ridwan Kamil Jadi Bakal Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.tv - 13 September 2023, 19:01 WIB
golkar-sebut-megawati-tawarkan-ridwan-kamil-jadi-bakal-cawapres-ganjar-di-pilpres-2024
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (Sumber: Humas Pemda Jawa Barat via ANTARA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut, kadernya Ridwan Kamil ditawari oleh Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

"Kemarin (isu Ridwan Kamil kandidat cawapres Ganjar) menguat ya, ketika Pak Ridwan Kamil infonya ya, Pak Ridwan Kamil mengatakan pada ketua umum kami, dia dipanggil, diundang oleh Ibu Megawati. Nah, kemudian ditawari menjadi (bakal) wapres itu yang kemudian menjadi merebak isu baru kan," kata Doli di gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Menurut dia, hal itulah yang dimaksud Ridwan Kamil jika akan ada peristiwa tak terduga atau breaking news

Baca Juga: Golkar soal Cawapres Muda: Jangankan Gibran, RK Saja Tak Diperjuangkan! Partai Utamakan Airlangga

Doli menekankan bahwa Golkar tidak dalam posisi ingin mengubah keputusan terkait Pilpres 2024.

"Jadi kalau soal pilpres kami sampai sekarang belum mengubah keputusan. Satu-satunya nama untuk kami nominasikan sebagai capres atau cawapres itu masih Pak Airlangga Hartato," ujarnya.

Ketua Komisi II DPR RI itu menyatakan, dirinya menyerahkan sepenuhnya keputusan partai berlambang pohon beringin itu ihwal Pilpres 2024 kepada Ketua Umum Airlangga Hartarto. 

Di sisi lain, Doli menyinggung alternatif untuk Ridwan Kamil, yakni maju kembali menjadi Gubernur Jabar atau Pilgub DKI Jakarta.

Airlangga disebut juga sudah mengetahui tawaran Megawati tersebut. 

"Sekali lagi nama Ridwan Kamil ini muncul ketika ada pertemuan dan memang Pak Ridwan Kamil sudah melaporkan ke Pak Airlangga ya, waktu itu disampaikan bahwa Pak Ridwan Kamil diundang oleh Bu Megawati kemudian ditawarkan jadi wakil presiden. Ya, latar belakangnya karena Pak Ganjar membutuhkan figur yang bisa memperkuat di Jawa Barat gitu. Nah itu disampaikan Pak Ridwan ke Pak Airlangga," kata Doli.

Doli memastikan, tawaran itu belum dibicarakan di DPP Golkar. Oleh sebab itu, tawaran tersebut hanya masih sebatas wacana.

"Nah, karena Ridwan Kamil sekarang waketum, ya selama memang tidak ada partai politik yang membicarakannya secara resmi datang ke DPP atau kemudian ke Pak Airlangga Hartato ya itu kami anggap wacana yang berkembang saja," kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Said Abdullah menyebut, pihaknya pasti akan melakukan komunikasi dengan partai politik (parpol) pendukung bakal capres Ganjar Pranowo bila nanti memilih Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil sebagai bakal cawapres.

Selain itu, kata dia, pihaknya pasti akan melakukan komunikasi secara terbuka dengan Partai Golkar. Diketahui, Ganjar saat ini didukung oleh PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.  

Baca Juga: Kata PDIP soal Pertemuan Megawati dengan Mahfud MD, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno

"Kalau komunikasi dengan Golkar tetap kami bangun walaupun Golkar dengan Koalisi Indonesia Maju bersama Pak Prabowo dan sebagainya, ada PAN di sana kami komunikasi tetap bangun," kata Said di gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/9/2023). 

"Bahwa pada akhirnya harus kulo nuwun, kalau memang Ridwan Kamil, ya pasti kulo nuwun. Kan begitu, kan tidak mungkin main 'selonong boy'. Itu bukan cara-cara PDI Perjuangan," sambungnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x