Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP: Kami Tak akan 'Selonong Boy' bila Ridwan Kamil Dipilih Jadi Bakal Cawapres Ganjar

Kompas.tv - 12 September 2023, 19:10 WIB
pdip-kami-tak-akan-selonong-boy-bila-ridwan-kamil-dipilih-jadi-bakal-cawapres-ganjar
Ketua DPP PDIP Said Abdullah di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/8/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Said Abdullah menyebut pihaknya pasti akan melakukan komunikasi dengan partai politik (parpol) pendukung bakal capres Ganjar Pranowo bila nanti memilih Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil sebagai bakal cawapres.

Selain itu, kata dia, pihaknya pasti akan melakukan komunikasi secara terbuka dengan Partai Golkar. Diketahui, Ganjar saat ini didukung oleh PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.  

Baca Juga: Politikus PDIP Akui Ridwan Kamil Bisa Bantu Pemenangan Ganjar di Jawa Barat

"Kalau komunikasi dengan Golkar tetap kami bangun walaupun Golkar dengan Koalisi Indonesia Maju bersama Pak Prabowo dan sebagainya, ada PAN di sana kami komunikasi tetap bangun," kata Said di gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/9/2023). 

"Bahwa pada akhirnya harus kulo nuwun, kalau memang Ridwan Kamil, ya pasti kulo nuwun. Kan begitu, kan tidak mungkin main 'selonong boy'. Itu bukan cara-cara PDI Perjuangan," sambungnya.

Meski begitu, kata dia, hingga kini belum ada keputusan yang diambil oleh seluruh ketua umum (ketum) parpol pengusung soal Ridwan atau yang karib disapa Kang Emil, menjadi bakal cawapres Ganjar. 

"Tetapi kan bukan berarti bahwa bakal cawapresnya PDIP, Ridwan Kamil. Ya tidak juga, karena sesuai dengan amanat kongres, itu kewenangan penuh Ibu Ketua Umum. Jangan salah."

"Kadang-kadang kita mau narik, seakan-akan sudah diputusin. Yang putusin sopo? Ibu," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut pihaknya sudah memiliki proyeksi untuk kader-kadernya yang berpotensi seperti Ridwan Kamil, untuk bertarung di Pilkada Jakarta atau Jawa Barat pada 2024. 

Golkar, kata dia, belum punya rencana untuk mendorong Ridwan sebagai bakal cawapres di Pilpres 2024.

"Kami juga sudah punya planning buat RK (Ridwan Kamil), kita waktu itu sudah memutuskan untuk mendorong RK menjadi calon gubernur, nanti tinggal pilih dua, antara di Jawa Barat lagi atau di DKI Jakarta," kata Doli di gedung DPR, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Ganjar dan Prabowo Bidik Ridwan Kamil Jadi Kandidat Kuat Cawapres

Doli menegaskan, keputusan Partai Golkar soal Pilpres 2024 belum pernah ditinjau ulang, mulai dari keputusan Musyawarah Nasional (Munas) hingga Rapat Kerja Nasional (Rakernas).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x