Kompas TV nasional peristiwa

Heboh Tingkatan Skor untuk Lolos Tes CPNS 2023, BKN: Passing Grade Belum Dirilis!

Kompas.tv - 11 September 2023, 14:40 WIB
heboh-tingkatan-skor-untuk-lolos-tes-cpns-2023-bkn-passing-grade-belum-dirilis
Ilustrasi para peserta tengah melakukan tes untuk pendaftaran CPNS 2023. (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seiring dengan pembukaan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 pada pertengahan September mendatang, masyarakat dihebohkan dengan informasi yang beredar mengenai nilai ambang batas atau passing grade.

Menanggapi informasi viral itu, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Nur Hasan, menegaskan bahwa ketentuan mengenai passing grade seleksi CPNS 2023 belum dirilis.

"Dapat kami sampaikan bahwa passing grade rekrutmen ASN 2023 diatur dalam regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian PANRB dan sampai saat ini masih menunggu regulasi terkait passing grade tersebut," kata Nur Hasan dikutip dari Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Baca Juga: Cara Membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani untuk Daftar CPNS 2023, Ini Ketentuannya

Passing grade merupakan nilai batas minimal yang harus dipenuhi peserta seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS agar bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

SKD adalah seleksi untuk mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang. Tesnya mencakup ciri-ciri PNS, pengetahuan, hingga keterampilan.

Tes ini terdiri dari 3 bagian, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Jika pelamar CPNS mencapai nilai SKD di atas passing grade, mereka akan melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Baca Juga: CPNS 2023 Dibuka Mulai 17 September, Berikut Jurusan dan Posisi yang Paling Dicari Pemerintah

SKB adalah proses penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan dan karakteristik individu.

Proses ini mencakup penilaian terhadap pengetahuan, keterampilan, serta perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas-tugas yang melekat pada jabatan yang mereka lamar.

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa individu yang dipilih memiliki potensi bekerja dalam posisi jabatan yang ditentukan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x