Kompas TV nasional peristiwa

Siap-siap, Komet Nishimura akan Melintasi Bumi Pada 12 September!

Kompas.tv - 8 September 2023, 01:00 WIB
siap-siap-komet-nishimura-akan-melintasi-bumi-pada-12-september
Komet Nishimura Yang Akan Menghiasi Langit di Bulan September (Sumber: NASA/Dan Bartlett)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Baru-baru ini, kita digegerkan dengan adanya komet baru yang ditemukan oleh Hideo Nishimura, seorang astronom amatir dari Jepang. Komet tersebut bernama C/2023 P1 (Nishimura) yang ditemukan pada tanggal 12 Agustus dalam pemotretan selama 30 detik dengan kamera digital standar.

Mengutip dari NASA, Cahaya C/2023 P1 Nishimura semakin meningkat dan jalurnya melintasi Tata Surya bagian dalam telah ditentukan. Saat komet ini menukik ke arah Matahari, cahayanya akan terus meningkat dan kemungkinan akan menjadi objek yang bisa dilihat dengan mata telanjang pada awal September.

Masalahnya, komet ini juga akan berada di dekat Matahari, sehingga hanya bisa dilihat saat Matahari terbenam atau saat Matahari terbit. Komet ini akan berada sangat dekat dengan Matahari (di dalam orbit planet Merkurius) sehingga inti komet bisa pecah.

Perhitungan orbitnya menunjukkan bahwa komet ini akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada tanggal 12 September dengan jarak 78 juta mil (125 juta km), hanya lima hari lebih cepat dari jarak terdekatnya dengan matahari.

Baca Juga: Harvest Moon Akan Hiasi Langit di Bulan September Ini, Catat Tanggalnya!

Namun, apakah komet ini dapat dilihat dari Indonesia?

Mengutip dari Kompas.com, Staf peneliti Observatorium Bosscha, Jawa Barat, Agus Triono menyampaikan bahwa Komet Nishimura berada di titik terdekat Bumi pada 12 September 2023 mendatang.

Pada tanggal tersebut juga, Komet Nishimura akan dapat dilihat oleh manusia dari Bumi, termasuk Indonesia. Menurutnya, komet ini tidak mudah dilihat dan baru dapat diamati saat dini hari menjelang Matahari terbit.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa komet ini dapat terlihat jika langitnya cukup gelap, minim polusi cahaya, dan menggunakan instrument menggunakan instrumen memadai, seperti binokular yang bagus, teleskop, dan tahu arah kometnya.

Perjalanan Komet Nishimura

Mengutip dari ManisteeNews, dari tanggal 1-4 September, Komet Nishimura akan melintasi bintang-bintang di rasi bintang Cancer, rasi kepiting. Komet ini bisa dilihat dengan teleskop kecil atau melalui fotografi dengan pencahayaan lama.

Kemudian pada tanggal 5 September, komet ini akan tampak melintasi asterisme "The Sickle", yang merupakan tanda tanya di belakang bintang-bintang yang membentuk kepala Leo - rasi singa.

Sampai tanggal 9 September, komet ini akan semakin terang dan semakin terlihat oleh mata tanpa alat. Namun, kamu dapat menggunakan teropong yang bagus untuk meningkatkan peluang melihat objek luar angkasa tersebut.


 

Saat komet Nishimura bergerak mendekati matahari pada tanggal 9 September, komet ini akan berada rendah di ufuk timur laut saat fajar menyingsing dan mulai tersembunyi oleh cahaya matahari.

Baca Juga: Ini Penampakan Fenomena Planet Sejajar yang Berhasil Tertangkap Kamera

Melihat peristiwa astronomi di langit malam yang terbaik adalah jika kamu berada di lokasi yang jauh dari cahaya perkotaan. Di lokasi tergelap yang memungkinkan kamu melihat pemandangan ke arah timur tanpa halangan. Namun, matamu juga harus menyesuaikan diri dengan kegelapan untuk meningkatkan pengelihatan di malam hari.




Sumber : Berbagai Sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x