Kompas TV nasional peristiwa

Nusantara on The Forest Tema Gala Dinner KTT ASEAN, Chef Arnold: Rasa Autentik, Penampilan Berkelas

Kompas.tv - 6 September 2023, 20:20 WIB
nusantara-on-the-forest-tema-gala-dinner-ktt-asean-chef-arnold-rasa-autentik-penampilan-berkelas
Tangkap layar suasana Gala Dinner KTT ASEAN ke-43 di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (6/9/2023) malam. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamu para pemimpin negara ASEAN, negara mitra, dan organisasi internasional serta tamu undangan lainnya dalam Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. 

Jamuan makan malam tersebut diselenggarakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) pada Rabu (6/9/2023) malam. 

Arnold Poernomo yang menjadi salah satu chef yang menyiapkan sajian kuliner untuk para tamu negara tersebut mengungkapkan, tema yang diusung dalam gala dinner ini adalah ‘Nusantara on the Forest’.

Baca Juga: Tak Basa-Basi dan Hasilkan Kerja Sama Konkret, Jokowi Nilai Jepang Mitra Paling Aktif ASEAN

“Untuk mendapatkan inspirasinya, kan kita sudah ada temanya ‘Nusantara on the Forest’, tapi untuk inspirasi setiap hidangannya itu kita lempar untuk setiap tim menyediakan menunya,” kata Arnold dalam video yang diunggah pada kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Arnold yang juga terlibat dalam Gala Dinner KTT G20 di Bali tahun lalu mengungkap, ia berkolaborasi dengan sejumlah chef lainnya untuk menyajikan masakan Nusantara kepada para tamu yang hadir.

Request-nya adalah yang pasti makanan harus mewah, megah, nikmat, enak. Dan juga yang pasti chef muda seperti teman-teman kita yang ada di sini, kecuali beberapa yang sudah tua seperti saya, untuk diangkat dan juga diberikan panggung di acara internasional KTT ini dengan makanan Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Ada 166 Proyek Senilai Total Rp856 T dari Pelaksanaan KTT ASEAN

Pada kesempatan yang sama, Chef Degan Septoadji mengatakan bahwa dalam gala dinner ini pihaknya akan menyajikan masakan Indonesia dengan rasa yang otentik namun dikemas dalam sajian yang berkelas.

“Kita ingin menunjukkan masakan Indonesia dan masakan Indonesia zaman sekarang sudah bisa go international, dari segi penampilan, jelas dari rasanya tetap rasa autentik, tapi penampilan dan cara teknik memasaknya juga harus bisa sama dengan standar internasional,” ujarnya. 




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x