Kompas TV nasional humaniora

7 September Hari Udara Bersih Internasional, Respon atas Kondisi Bumi Makin Tercemar

Kompas.tv - 6 September 2023, 12:43 WIB
7-september-hari-udara-bersih-internasional-respon-atas-kondisi-bumi-makin-tercemar
Ilustrasi menghirup udara bersih (Sumber: Instagram)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari Udara Bersih internasional diperingati pada tanggal 7 September setiap tahun. Hari peringatan ini dibuat untuk merespons kondisi udara di bumi yang sudah tercemar.

Tujuannya sebagai salah satu upaya menggembalikan kondisi udara yang sehat. Dikutip dari laman un.org, Hari Udara Bersih internasional diciptakan pada 26 November 2019. 

Saat itu, UN Environment Programme (UNEP) atau Program Lingkungan Hidup PBB diberikan tugas oleh Majelis Umum Hak Asasi Manusia PBB untuk melihat keterikatan manusia terhadap lingkungan sehat, aman, dan berkelanjutan. Kemudian UNEP mengadakan kerja sama dengan David R. Boyd. 

Dalam diskusi itu pun dicetuskan setiap tanggal 7 September menjadi Hari Udara Bersih Internasional. Usulan itu pun diterima negara-negara yang hadir di dalam Sidang Umum PBB ke-74.

Dicetuskannya peringatan ini sebagai jangka panjang untuk kehidupan manusia. Pasalnya diprediksi pada 2030, manusia perlu mengurangi kematian akibat penyakit dari bahan kimia.

Sebagai awal dari langkah tersebut, kesadaran akan bahaya pencemaran udara harus dimunculkan. Rancangan pentingnya udara bersih ini juga telah dimasukkan dalam dokumen Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan.

Baca Juga: 11 Mahasiswa Lolos Seleksi Duta Kampanye Udara Bersih Biru Voices, Suarakan Hak atas Udara Bersih

Salah satu agenda dalam Pembangunan Berkelanjutan PBB adalah perlindungan lingkungan dan kesejahteraan bagi semua. Selain itu mengakui bahwa pengurangan polusi udara penting bagi manusia, sehingga negara-negara yang tergabung dalam PBB mencetuskan adanya peringatan Hari Udara Bersih Internasional.


Peringatan Hari Udara Bersih Internasional untuk langit biru di tahun 2023 bertemakan "Bersama untuk udara bersih". Tema Hari Udara Bersih Internasional 2023 menyoroti peningkatan investasi, kemitraan lebih kuat, dan berbagai tanggung jawab untuk mengatasi polusi udara di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Hari Udara Bersih Internasional adalah kesempatan bagi manusia untuk mengambil tindakan untuk meningkatkan kualitas udara di dunia. Dengan bekerja sama, penduduk bumi dapat menciptakan masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan untuk semua.

Baca Juga: Maudy Ayunda Ajak Calon Duta Kampanye Udara Bersih Biru Voices Pertanyakan Mitos Kualitas Udara

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x