Kompas TV nasional peristiwa

KTT ASEAN 2023, Pesawat Kenegaraan Parkir dan Nginap di Bandara Soetta, Kertajati, dan YIA

Kompas.tv - 5 September 2023, 17:07 WIB
ktt-asean-2023-pesawat-kenegaraan-parkir-dan-nginap-di-bandara-soetta-kertajati-dan-yia
Sejumlah pesawat kenegaraan yang menghadiri acara KTT ASEAN 2023 telah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (5/9/2023) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 Tahun 2023 di Jakarta telah dimulai hari ini, Selasa (5/9/2023). Sejumlah kepala negara terlihat hadir melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Penyelenggaraan KTT ASEAN rencananya akan dilangsungkan pada 5-7 September 2023. Tak heran jika  banyak pesawat milik kepala negara yang akan menginap di bandara.

Sejumlah pesawat kenegaraan yang menghadiri acara KTT ASEAN 2023 telah tiba di Bandara Soekarno Hatta secara bertahap.

Rencanya hari ini akan tiba beberapa kepala negara di antaranya dari Rusia, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Khusus untuk KTT ASEAN 2023 ini, pengelola bandara bekerja sama dengan Jakarta Air Trafic Services Control.

Baca Juga: Potret PM Timor Leste Xanana Cium Tangan Iriana Jokowi saat Hadiri KTT ke-43 ASEAN Jakarta

Ketua Tim Pengendali dan Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan KTT ASEAN Azmi Jamalulail memastikan bahwa kedatangan pesawat VVIP itu tidak mengganggu aktivitas penerbangan pesawat reguler.

"Kita pastikan tidak akan menganggu pesawat-pesawat reguler lainnya," kata Azmi, Selasa (5/9/2023) dalam laporan jurnalis Eka Marlupy.

Selain di Bandara Soekarno Hatta, pesawat kenegaraan juga rencananya akan menginap di Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati dan Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

Baca Juga: Buka KTT ASEAN, Jokowi: ASEAN Sepakat untuk Tidak Menjadi Proksi Kekuatan Manapun

Azmi mengatakan hal itu karena terdapat 15 pesawat wide body atau berbadan lebar dan 7 pesawat narrow body atau berbadan sedang.

"Flow di atas sudah kami atur sedemikian rupa, jauh-jauh hari kami sudah bekerja sama dengan pihak maskapai yang meng-handle pesawat tamu undangan, sehingga kita sudah bisa meng-arrange jarak pesawat satu dengan yang lainnya" ucap Azmi.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x